Sabtu, 04 Mei 2019

Wolfenstein

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@lerengbukit/wolfenstein

Salah satu game lawas buatan Raven Software dan dipublish oleh Activision ini telah lama dikenal dengan genre fpsnya oleh para gamer. Game Wolfenstein yang kita bahas kali ini merupakan game yang telah publish pada tahun 2009 lalu yang dapat dimainkan di PC, PS3 dan XBOX360 yang menjadi salah satu dasar dari perkembangan game Wolfenstein lanjutan yang berjudul old blood, the new order dan the new colossus. Tokoh utama dari semua serial ini adalah agen rahasia Amerika Serikat yang aktif pada masa kemiliteran Nazi Jerman perang dunia ke-2 yang bernama William B.J. Blazkowicz.

Pada awal game diketahui bahwa Blazkowicz berada di kapal perang Nazi untuk mencuri suatu medali (Thule Medallion) dan ketika terkepung, Blazkowicz tanpa sengaja mengeluarkan kekuatan misterius dari medali tersebut dan membunuh semua musuh di kapal tersebut. Kemudian, Blazkowicz melarikan diri dengan pesawat terbang dan kembali ke pangkalan pangkalan OSA. Ketika di pangkalan tersebut, Blazkowicz diberitahu bahwa medali yang ia miliki membutuhkan batu khusus yang disebut (Nachtsonne) yang dapat diperoleh dari tambang di salah satu kota di Jerman yang dinamakan Isenstadt. Blazkowicz kemudian ke Isenstadt dan bertemu dengan kelompok pemberontak yaitu Kreisau Circle yang ingin membebaskan Isenstadt dan kelompok ilmuwan kuno (Golden Dawn) yang diincar nazi karena pengetahuan mereka tentang budaya kuno, teknologinya dan Thule Medallion.

C:\Users\Pohan\Downloads\Wolfenstein_2009 cover.jpg
Gambar 1. Wolfenstein Cover.

C:\Users\Pohan\Downloads\campaign.png
Gambar 2. Campaign Menu dengan Beberapa Nazi Super Soldier.

Blazkowicz akan memperoleh misi dari kedua kelompok ini untuk melanjutkan jalan cerita, untuk memperoleh misi kita harus mengikuti tanda di peta untuk bertemu dengan seseorang atau tempat tertentu untuk memulai misi. Selama perjalanan kita akan mengumpulkan empat nachtsonne untuk memperoleh kemampuan rahasia dari Thule Medallion. Skill yang ada pada medali ini adalah veil sight (memungkinkan kita untuk melihat jalan rahasia, bentuk asli musuh, mengetahui kelemahan dan posisi lawan), shield (mengeluarkan perisai di sekitar tubuh sehingga kita tidak dapat diserang dengan senjata dan bom, namun jika lawan masuk ke dalam perisai kita dapat dilukai terlebih musuh melee), Mire (memperlambat waktu, dan pada upgrade tertentu dapat menyebabkan serangan kejutan ketika aktif), empower (meningkatkan dampak serangan, dan dapat menembus penghalang pada upgrade terakhir). Semua skill bisa dipakai sekaligus namun veil pool akan habis dengan cepat, sehingga Thule Medallion harus di charge di tempat tertentu atau upgrade terakhir dari veil sight sehingga medali dapat charge sendiri walaupun lebih lambat.

D:\1.jpg
Gambar 3. Thulle Medallion dan Weapon Upgrade.

C:\Users\Pohan\Downloads\wf1.png
Gambar 4. Tampilan fps game Wolfenstein.

Selama di isenstadt kita akan menjelajahi kota untuk berbagai tujuan. Selain untuk mencari lokasi misi, kita dapat mencari gold yang berguna untuk upgrade senjata, tome (buku sihir) untuk upgrade veil skill dan info yang berguna untuk memahami misi lebih lanjut. Musuh yang kita hadapi sangat beragam, mulai dari prajurit biasa dengan senjata yang beragam, super soldier dengan armor yang kuat serta pasukan khusus hasil eksperimen sehingga memiliki kemampuan supranatural dan bahkan makhluk misterius. Tujuan tentara Nazi ada di Isenstad adalah untuk mencari info teknologi kuno dengan memanfaatkan black sun (sumber kekuatan supranatural) yang akan digunakan untuk membuat senjata super yang dapat menghancurkan kota dengan sekali tembak. Blazkowicz akan menghadapi dua jendral musuh yaitu Zetta yang kemudian diketahui ternyata pasukan makhluk misterius, namun berhasil dibunuh oleh Blazkowicz. Setelah itu, Zetta akan digantikan oleh Deathshed dengan ajudannya yang bernama Han-Grosse. Pada bagian ini kita akan semakin mendekati akhir cerita. Pada suatu misi ketua dari Kreisau Circle akan mati ditembak Han-Grosse, namun kita berhasil menghancurkan salah satu alat portal ke Black sun dalam prosesnya. Namun, monster berbentuk laba-laba datang dari dimensi lain dan kita harus menghancurkan musuh tersebut.

C:\Users\Pohan\Downloads\deathshed.png
Gambar 5. Deathshed dan Pengkhianat dari Golden Dawn.

Deathshed kemudian merencanakan portal ke Black sun dengan menggunakan zeppelin agar tidak mudah disusupi Blazkowicz. Namun, kita berhasil melalui berbagai rintangan dan menyusup ke dalamnya. Ketika di dalam zeppelin kita mengetahui bahwa ketua dari Golden Dawn telah berkhianat dan menjual berbagai macam informasi kepada nazi demi keselamatan dirinya, namun justru mati di tangan Han-Grosse pada akhirnya. Pada akhir pertempuran kita tidak akan berhadapan dengan Deathshed, namun dengan Han-Grosse yang dilengkapi dengan machine gun di kedua tangannya dan Thule Medallion di armor tubuhnya di dalam Black sun. Pada pertempuran akhir kita akan menghadapi Han-Grosse empat kali, setiap menyelesaikan satu tahap kita akan menancapkan Nachtsonne ke tubuhnya. Ketika empat Nachtsonne berhasil ditancapkan maka Han-Grosse akan semakin lemah dan dapat kita tembak sampai mati. Blazkowicz kemudian membuat bom di alat portal di Black sun. Kita kemudian berpacu dengan waktu untuk melarikan diri dari zeppelin, begitu Blazkowics selamat zeppelin tersebut jatuh dan hancur. Pada akhir scene diperlihatkan bahwa Deathshed tidak mati namun berteriak marah karena rencananya telah gagal.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan:
  1. https://wolfenstein.fandom.com/wiki/Walkthroughs
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Wolfenstein_(2009_video_game)
Sumber Gambar:
  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Wolfenstein_(2009_video_game)#/media/File:Wolfenstein_(2009_video_game).jpg
  2. Milik Pribadi.
  3. Milik Pribadi.
  4. Milik Pribadi.
  5. Milik Pribadi.

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar