Kamis, 21 Maret 2019

Disgaea: Afternoon of Darkness

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@lerengbukit/disgaea-afternoon-of-darkness

Game buatan game developer asal Jepang yaitu Nippon Ichi Software dengan tema game tactical role-playing. Disgaea: Afternoon of Darkness merupakan versi psp dari game PS2 dengan judul Disgaea: Hour of Darkness. Game ini termasuk jadul karena pertama kali rilis pada 30 November 2006 lalu di Jepang dan versi lokalisasinya rilis pada 14 Desember 2007. Pada game ini kita akan bermain di arena yang dikotak-kotakkan. Setiap karakter yang dipakai memiliki movement yang berbeda, dan bergerak di area tersebut. Untuk menyerang lawan setidaknya berjarak satu kotak. Namun ketika menggunakan skill terdapat posisi sendiri yang dapat disesuaikan ketika menyerang. Terdapat keunikan pada game ini, dimana jika kita memiliki lawan atau kawan humanoid bisa diangkat dan dilempar ke area berbahaya (seperti lava, kolam racun, dll) atau mengirim teman ke tempat tertentu. Beberapa area memiliki warna (geo panel) yang dapat memberikan boost atau melemahkan semua karakter). Tentu geo panel dapat digunakan sesuai kebutuhan, namun jika dimanfaatkan musuh maka geo panelnya lebih baik dihancurkan.

C:\Users\Pohan\Downloads\1.png
Gambar 1. Disgaea: Afternoon of Darkness Main Screen.

Pada game ini kita akan memainkan beberapa karakter dengan karakter utama bernama Laharl. Pada awal game, Laharl baru bangkit dari peti mati di istananya. Laharl merupakan anak dari raja underworld (King Krichevskoy) yang telah mati. Setelah ayahnya mati, banyak anak buahnya yang tercerai berai. Satu diantara anak buah ayahnya Etna bertahan dan menjaga Laharl sampai ia bangkit. Setelah dua tahun, Laharl bangkit dan ingin klaim haknya sebagai raja underworld. Setelah konsultasi dengan Etna, mereka menyerang kastil Vyers. Vyers menamakan dirinya “Dark Adonis”, namun setelah kalah dinamakan mid-boss oleh Laharl. Setelah pertarungan itu, Laharl akan bertemu dengan angel trainee bernama Fionne yang diutus oleh Archangel Lamington untuk membunuh ayah Laharl (yang tidak ia ketahui telah lama mati). Fionne kemudian ikut dengan Laharl dengan rasa ingin tahu apakah iblis memiliki kasih sayang. Archangel lainnya Vulcanus mengawasi Fionne dari jauh dan mencapnya sebagai pengkhianat.

D:\1.jpg
Gambar 2. Pilihan Karakter, Skill dan Weapon Mastery.

Setelah itu Laharl beserta teman (Etna, Fionne dan Mid-boss) dan anak buahnya para Prinnie (mirip penguin) melawan berbagai musuh mantan anak buah ayahnya seperti Maderas dan Hoggmeiser. Setelah mengalahkan mereka, keduanya menjadi anak buah Laharl dan Laharl menjadi raja baru yang sah. Setelah itu mereka kedatangan pasukan Earth Defence Force yang terdiri dari Gordon, Jennifer dan Thursday untuk mengalahkan Laharl. Setelah melalui pertarungan, Laharl berjanji tidak akan menyerang bumi. Gordon dkk sebenarnya dimanfaatkan oleh Vulcanus agar menyerang underworld. Setelah mengetahui dalang sebenarnya Laharl, Fionne dkk pergi ke surga (celestia) untuk mengkonfirmasi hal ini. Namun, vulcanus terlebih dahulu tiba dan mengatakan bahwa Fionne ingin menguasai Celestia. Laharl dkk akan menghadapi banyak musuh angel dan akhirnya berhadapan dengan Vulcanus. Vulcanus berkeinginan untuk menguasai tiga dunia (bumi, underworld dan celestia) dan klaim dirinya sebagai tuhan. Laharl dkk bertarung dan berhasil mengalahkan Vulcanus. Pada akhirnya, Fionne berbicara dengan Archangel Lamington dan menyatakan bahwa iblis memiliki rasa kasih sayang. Lamington percaya namun tetap menghukum Fionne menjadi bunga karena telah menyerang sesama angel. Laharl marah dan menyerang Lamington.

Akhir game ini memiliki banyak versi bergantung kepada jalan cerita dan pilihan yang kita ambil ketika bermain. Dimana Archangel dapat mati atau bertahan, Fionne tetap jadi bunga atau kembali normal atau bahkan menjadi fallen angel, Laharl dapat mati dan menjadi Prinnie, meninggalkan istananya atau tetap menjadi raja. Namun, ketika kita berhasil memperoleh “good ending” maka roh ibu Laharl akan muncul dihadapannya, Vyers seperti mengetahui ibu Laharl, dan dari cara bicaranya kepada Laharl setelah itu dapat disimpulkan bahwa Vyers adalah raja Krichevskoy (ayah Laharl)

D:\2.jpg
Gambar 3. Contoh Skill yang Digunakan.

Pada seri psp terdapat fitur tambahan, yaitu item world yang berfungsi untuk meningkatkan statistik perlengkapan miliki kita setelah melewati berbagai level (maksimal 100). Semakin tinggi level yang diselesaikan maka perlengkapan kita akan semakin kuat. Selain itu terdapat dark assembly yang berfungsi untuk meningkatkan perlengkapan toko di istana, unlock map, dll. Cara mainnya kita harus mengajukan proposal dan akan di voting oleh senat. Jika banyak yang menyetujui maka kita berhasil memperoleh yang kita inginkan. Namun, jika tidak kita memiliki opsi paksaan dengan melawan senat. Namun, beberapa anggota senat terlalu kuat karena memiliki level di atas 200. Jadi persiapan yang matang sebelum melawan anggota senat. Game ini sangat menarik karena memiliki plot yang bagus, karakter yang unik serta skill yang beragam. walaupun membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan karena bertipe strategi terlebih jika menginginkan unlock semua map dan karakter pembantunya.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. https://en.wikipedia.org/wiki/Disgaea:_Hour_of_Darkness
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Disgaea

Sumber Gambar:
1. Milik Pribadi.
2. Milik Pribadi.
3. Milik Pribadi.

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar