Senin, 14 Januari 2019

Recettear: An Item Shop’s Tale

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@lerengbukit/recettear-an-item-shop-s-tale

Recettear merupakan game RPG yang dikembangkan oleh para game creator asal Jepang (EasyGame Station) pada tahun 2010 dan khusus untuk pc. Game ini sendiri memiliki data yang cukup kecil sekitar 600-700 mb jika dibandingkan dengan game-game terbaru saat ini sehingga tidak akan memberatkan kinerja pc. Game ini bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Recette Lemongrass yang tinggal sendirian karena ayahnya sedang bertualang dan ingin menjadi pahlawan. Namun, untuk membiayai perjalanannya, ayah Recette meminjam sejumlah uang (dalam game ini mata uang disebut dengan “pix”) dan hutang ini pada akhirnya harus dibayar oleh Recette. Pegawai perusahaan yang memberikan hutang (Terme Finance Company) ini adalah seorang peri bernama Tear datang untuk menagih hutang tersebut. Tentu saja Recette tidak mampu membayarnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Tear menyarankan Recette untuk membuka toko item dan mencicil hutang milik ayahnya setiap minggunya. Recette kemudian menamakan toko mereka dengan “Recettear” karena mereka bekerjasama dalam prosesnya.

C:\Users\Pohan\Downloads\220px-Recettear.jpg
Gambar 1. Recettear Cover Game.

C:\Users\Pohan\Downloads\1.png
Gambar 2. Recette dan Tear di Recettear Item Shop.

Recette dan Tear kemudian bekerjasama mengembangkan toko item tersebut agar memiliki banyak keuntungan. Jika Recette tidak berhasil mengumpulkan sejumlah uang tertentu (yang setiap minggunya akan semakin banyak) pada hari yang ditentukan, maka Recette akan kehilangan rumahnya dan Game Over. Kita juga harus mengulangi game dari awal. Untuk memperoleh item kita dapat membelinya di Guild, Market atau ke Adventure Guild. Adventure guild merupakan fitur dimana kita akan mengelilingi dungeon tertentu sambil mengalahkan monster dan mengumpulkan item. Ketika dalam adventure guild kita akan ditemani oleh para petualang (adventure), merekalah yang melawan para monster dan Recette dan Tear hanya mengumpulkan item. Pada awal game kita hanya dapat menyimpan 20 item, dan akan bertambah jika sudah berhasil menamatkan game tersebut. Jika petualang yang kita rekrut kehabisan health point maka kita terpaksa balik ke kota dan hanya dapat membawa satu item dari yang sudah kita kumpulkan. Jadi jaga health petualang untuk menghindari hal ini. Perlengkapan para petualang dapat di upgrade ketika mereka berbelanja ke toko milik kita. Sehingga akan menguntungkan untuk dungeon berikutnya. Namun health dan mana para petualang akan pulih jika naik level.

C:\Users\Pohan\Downloads\town.png
Gambar 3. Kota dalam game.

Game ini memiliki lima dungeon yaitu Trail of Hall, Jade Way, Amber Garden, Obsidian Tower, Lapis Ruins. Empat dungeon sebelumnya bisa dimasuki ketika kita telah merekrut beberapa petualang dan dalam normal mode atau normal mode+. Sedangkan dungeon terakhir kita harus merekrut semua petualang (Louei, Arma, Charme, Nagi, Tielle, Caillou, Griff dan Elan) dan berada pada endless mode. Semakin sulit tingkatan dungeon maka item yang diperoleh akan semakin bagus dan bernilai tinggi. Namun, setiap lima lantai kita akan menghadapi bos yang memiliki pola tertentu dan cukup mudah untuk diatasi jika perlengkapan petualang sudah memadai.

C:\Users\Pohan\Downloads\dungeon.png
Gambar 4. Dungeon Area dan Petualang Charme.

D:\price.jpg
Gambar 5. Price Up (Merah) dan Price Down (Biru).

Jika memainkan game ini untuk pertama kalinya, maka kita harus fokus pada meningkatkan market level. Karena semakin tinggi market level maka kita dapat membeli banyak item baru yang lebih bernilai. Kita harus memperhatikan setiap berita yang ada, karena beberapa berita menentukan harga barang tertentu naik atau turun. Strategi awal game ini adalah jual barang pada harga 104% dan beli item dari para pelanggan sebesar 70% untuk meningkatkan market level. Ketika harga tinggi jual item di harga 210-220% untuk memperoleh banyak keuntungan dalam waktu cepat. Untuk dungeon disarankan pada awal game dan jika sudah menamatkan game ini untuk pertama kalinya. Karena terdapat item encyclopedia yang menjadi tantangan untuk dilengkapi. Game ini cukup menyenangkan jika kita tahu apa yang harus dilakukan, selain itu tantangan untuk melengkapi item encyclopedia akan membuka kejadian tertentu dalam game ini.

C:\Users\Pohan\Downloads\game over.png
Gambar 6. Game Over.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Recettear:_An_Item_Shop%27s_Tale
  2. http://recettear.wikia.com/wiki/Recettear_Wiki
  3. https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/VideoGame/RecettearAnItemShopsTale
Sumber Gambar:
  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Recettear:_An_Item_Shop%27s_Tale#/media/File:Recettear.jpg
  2. Milik Pribadi.
  3. Milik Pribadi.
  4. Milik Pribadi.
  5. Milik Pribadi.
  6. Milik Pribadi.

Related Posts :