Selasa, 27 November 2018

Tales of Phantasia, Asal Muasal Serial Tales

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@lerengbukit/tales-of-phantasia-asal-muasal-serial-tales

Tales of Phantasia bercerita tentang seorang anak muda bernama Cress Albane, seorang ahli pedang yang diajari ayahnya di dojo milik keluarga (Albanian Dojo). Bersama dengan temannya Mint Adnade, Chester harus bertarung dengan penyihir yang sangat kuat bernama Dhaos. Masalahnya adalah Dhaos dapat menggunakan sihir yang dapat membuatnya pindah waktu, sehingga Dhaos sangat sulit untuk dikalahkan. Pada awal cerita diketahui empat pahlawan di masa lalu menghadapi Dhaos. Tapi setelah terkena sihir yang kuat, Dhaos segera berpindah ke masa depan. Di masa depan ternyata Dhaos langsung disergap oleh keturunan dari pahlawan sebelumnya beserta tiga orang temannya. Dhaos kemudian disegel dengan menggunakan dua kalung. Dua belas tahun kemudian kampung halaman Cress dan Chester diserang oleh Dark Knight dengan pemimpinnya bernama Mars dan membunuh orangtua Cress dan adik perempuan Chester. Tujuan Mars adalah kalung yang dipegang oleh ayah Cress (Ayah Cress, Miguel dan Istrinya adalah bagian dari empat pahlawan yang menyegel Dhaos dahulu).

C:\Users\Pohan\Downloads\images.jpg
Gambar 1. Screen Tales of Phantasia.

C:\Users\Pohan\Downloads\cless 2.png
Gambar 2. Cless Alvein.

C:\Users\Pohan\Downloads\chester.jpg
Gambar 3. Chester Barklight

Akhirnya Cress dan Chester bersumpah untuk balas dendam kepada siapapun yang menghancurkan kampung halaman mereka. Cress kemudian pergi ke kota untuk mengetahui siapa dalangnya, namun ia ditangkap oleh Dark Knight dan dijebloskan ke penjara. Ketika di penjara Cress berhasil melarikan diri dan bertemu dengan Mint Adnade dan Ibunya yang sekarat. Ibunya kemudian meninggal tanpa diketahui Mint. Setelah kabur, Cress bertemu dengan pahlawan terakhir (Trinicus D. Morrison) yang kemudian mengetahui bahwa Cress dan Mint adalah anak dari rekannya dahulu. Begitu mengetahui dua kalung yang menyegel Dhaos menghilang (yang dipegang oleh ayah Cress dan Ibunya Mint), Morrison segera pergi ke tempat Dhaos disegel, Cress dan rekannya mengikuti Morrison. Begitu sampai ternyata Mars telah berada disana dan membebaskan Dhaos. Mars bermaksud mengendalikan Dhaos, namun justru dibunuh olehnya. Untuk menyelamatkan Cress dan temannya, Morrison menggunakan clerical art dan mengirim cress dkk kemasa lalu untuk mempelajari cara mengalahkan Dhaos.

C:\Users\Pohan\Downloads\mint.png
Gambar 4. Mint Adnade.

C:\Users\Pohan\Downloads\claus.png
Gambar 5. Klaus F. Lester.

C:\Users\Pohan\Downloads\arche.png
Gambar 6. Arche Klaine.

C:\Users\Pohan\Downloads\suzu.jpg
Gambar 7. Suzu Fujibayashi.

Ketika di masa lalu, Cress mengetahui bahwa Dhaos hanya bisa dikalahkan dengan sihir. Masalahnya adalah sihir hanya dapat digunakan oleh orang yang memiliki darah elf atau half-elf dan tidak bisa digunakan manusia biasa. Selama perjalanan mereka bertemu dengan Claus F. Lester seorang manusia yang bisa memanggil elemental spirit. Karena kemampuan dari elemental spirit sama dengan sihir. Kemudian mereka bertemu half-elf bernama Arche Klein yang kemudian menemani mereka ke kastil Dhaos. Setelah pertarungan yang sengit Dhaos melarikan diri kemasa depan. Cress dkk akhirnya ke kota kuno yang disebut Thor untuk menggunakan mesin waktu ke masa depan. Kemudian Cress dkk berhasil mengalahkan Dhaos. Namun, seorang penjelajah waktu dari 50 tahun kemudian mengatakan bahwa Dhaos membuat kekacauan di masa depan. Akhirnya Cress dkk menggunakan mesin waktu sekali lagi ke masa depan, dimana mereka bertemu dengan kunoichi (ninja wanita) bernama Suzu, yang nanti akan menjadi teman selama permainan. Berikutnya Cress dkk bertemu dengan kawanan elf, berkat mereka Cress memperoleh pedang legendaris (Eternal Sword) yang memiliki kekuatan untuk menghentikan Dhaos dari menggunakan sihir berpindah waktu. Kemudian Cress dkk menemukan kastil tersembunyi milik Dhaos dan bertarung menghadapinya. Kali ini Dhaos berhasil dikalahkan untuk selamanya. Pada pertarungan terakhir ini, Dhaos akan berubah wujud dua kali sehingga tingkat kesulitan permainan akan meningkat. Setelah Dhaos kalah, Cress dkk mengetahui dari spirit pohon bernama Martel, bahwa Dhaos berasal dari dunia lain bernama Derris Kharlan, dimana dunia tersebut sedang sekarat karena pohon dunianya (Yggdrasil) layu, sehingga dunianya kekurangan mana. Mana ini menjadi sumber kehidupan semua makhluk hidup. Dhaos kedunia lain untuk mencari bibit Yggdrasil dan membawanya ke dunianya. Namun, ia menemukan bahwa manusia menyalahgunakan mana yang ada dengan menggunakan mesin berbasis mana secara sembarangan dan memutuskan untuk memusnahkan manusia. Mengetahui hal ini Martel merasa kasihan kepada Dhaos dan mengirimkan bibit Yggdrasil ke Derris Kharlan, setelah itu Cress dkk kembali ke zamannya masing-masing.

C:\Users\Pohan\Downloads\Dhaos.png
Gambar 8. Dhaos.

Tales of Phantasia merupakan serial pertama dan cikal bakal dari Tales series. Phantasia telah ada di berbagai console yaitu psp, PS1 dan SNES dan masih dapat dimainkan sampai saat ini dengan text dan informasi dalam Bahasa inggris.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. https://en.wikipedia.org/wiki/Tales_of_Phantasia
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Tales_(video_game_series)

Sumber Gambar:
1 - 8 Milik pribadi.

Related Posts :