Rabu, 27 Desember 2017

OPUS: Rocket of Whisper – Petualangan Berlanjut

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@puncakbukit/opus-rocket-of-whisper-petualangan-berlanjut

Hai semuanya, apa saja persiapanmu untuk menjadi Astronot? Tentu saja banyak. Oke bagi kamu yang ingin menjadi Astronot, sebelumnya kita sudah membahas game OPUS: The Day We Found Earth yang menceritakan petualang robot dalam membantu ilmuwan untuk mencari Bumi. Apakah kamu sudah memainkannya?

Nah untuk melanjutkan petualangan luar angkasa, pengembangan game Opus telah menelurkan game baru yang bernama OPUS: Rocket of Whisper, sudah pada tahu belum game ini? Yap game tentang luar angkasa. Namun bukan sekedar game luar angkasa, kita juga diajak merakit roket luar angkasa, menarik bukan. Kamu penasaran? Yuk kita mulai

Cerita
Cerita dalam game ini cukup berbeda dari sebelumnya. Bila di game OPUS: The Day We Found Earth kita menggunakan karakter robot, maka di game OPUS: Rocket of Whisper menggunakan karakter manusia. Uniknya lagi, tokoh pembantunya di sini bukan ilmuwan melainkan hantu. Kok bisa? Yap karena tokoh utamanya seorang Engineer (ahli mesin) dan Witch (penyihir). Lalu bagaimana dengan ceritanya?

Ceritanya dimulai dari sang tokoh utama John kecil bersama keluarganya melihat para penyihir melakukan tradisi mereka yaitu penguburan roh. Yap tradisi ini sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat. Lalu untuk melakukan penguburan roh, para penyihir memerlukan roket untuk membawa roh keluar angkasa dengan harapan membuat roh menjadi tenteram. Nah untuk mendapatkan roket, para penyihir mendapatkannya dari ahli mesin yang salah satu ahlinya adalah ayah John.

D:\tulisan\OPUS Rocket of Whisper\Opus Rocket.jpg
Gambar 1. Cerita game

Namun bencana terjadi, tepatnya di kalender game, yaitu kalender galaksi tahun 15320 wabah yang menghancurkan dunia dan meninggal sedikit manusia. John kecil yang tidak percaya keluarganya meninggal sampai dirinya dewasa dan akhirnya bertemu dengan penyihir bernama Fei. Dari sinilah permainan dimulai.

Dalam game, John bertugas mengumpulkan bahan-bahan roket dan merakit mesin multifungsi, sedangkan Fei merakit roket. Nah di setiap kali menyelesaikan tugas masing-masing, cerita game ini mulai terungkap. Yuk dicoba

D:\tulisan\OPUS Rocket of Whisper\Opus Rocket - 1.jpg
Gambar 2. John bertugas mencari material, sedangkan Fei merakit roket. Biasanya Fei ada di bengkel

Gameplay
Gameplay untuk game ini berbeda dengan OPUS: The Day We Found Earth namun cukup mudah dipahami. Mengapa saya bilang begitu? karena kita hanya tap, hould dan drag sudah bisa menggerakkan sang tokoh. Lalu seperti yang saya bilang, setiap kali sang tokoh mengerjakan tugas masing-masing akan muncul ceritanya yang bisa kita pilih yang ke depannya menentukan jalan cerita game.

D:\tulisan\OPUS Rocket of Whisper\Opus Rocket - 2.jpg
Gambar 3. Gameplay cukup mudah

Lalu apalagi? Kita diberikan buku semacam gallery yang berguna untuk melihat apa saja yang sudah kita koleksi untuk merakit roket dan mesin kita. Untuk materials berguna untuk membuat mesin roket dan bahan-bahan John dalam melakukan perjalanan. Untuk hasilnya bisa kamu lihat di bagian rockets dan equipment. Nah kalau kamu mau mengembangkan material menjadi mesin roket dan perlengkapan John, bisa mengembangkannya di bengkel Fei untuk roket dan bengkel John untuk perlengkapan John beserta barang yang diperlukan Fei.

D:\tulisan\OPUS Rocket of Whisper\Opus Rocket - 3.jpg
Gambar 4. Isi buku, materials, rockets, equipment, memories dan masih banyak lagi

Oiya, sebelumnya diceritakan tokoh pembantu game ini adalah hantu. Namun kegunaannya bukan sebagai tokoh pembantu saja, hantu juga memiliki kemampuan untuk membuka berbagai cerita dan menggerakkan kamu dalam mendapatkan material yang dibutuhkan. Jadi sangat bermanfaat bila mengandalkannya.

Kesimpulan
Karena saya cukup suka game ini, maka akan saya sebut poin plus-nya. Ini dia:
  • Story/Cerita yang menarik
  • Explore/Jelajah berbagai tempat
  • Build/Bangunan yang unik, begitu juga dengan material-nya
  • Art/Seni yang menarik dalam menunjukkan cerita game
  • Music/Musik yang semakin baik saat menggunakan headset

Nah begitulah review game kali. Bila kamu ingin mencoba game OPUS: Rocket of Whisper, sudah di download di Google Play Store dan Apple Store. Untuk game-nya, sudah bisa dimainkan offline di Android namun iPhone saya kurang tahu. Akhir kata semoga game ini semakin memotivasimu untuk menjadi Astronot. Selamat berjuang.

D:\tulisan\OPUS Rocket of Whisper\Opus Rocket - 4.jpg
Gambar 5. Apakah mereka berhasil meluncurkannya? Lalu apakah para roh akan tenteram? Saatnya kamu mencoba

Catatan:
  • Mohon maaf apabila ada yang salah dalam penyampaian cerita game
  • Game ini memiliki konten berbayar. Jadi bila kamu ingin memainkannya secara maksimal, kamu harus punya akun seperti akun Google Play Store untuk pembelian aplikasi game ini.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi: http://www.blue-la-goon.com/opus-rocket-of-whispers/
Gambar: Milik pribadi

Related Posts :