Selasa, 26 September 2017

Nabung Saham Go – Bukan Sekedar Nabung Saham

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@puncakbukit/nabung-saham-go-bukan-sekedar-nabung-saham

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata ‘saham’? Mungkin seperti main saham. Oke bila itu yang kamu bayangkan namun bila dipikirkan kembali sering kita melihat pemain saham (pialang) wajib paham soal keuangan dan bisa membaca kebutuhan kolega maupun masyarakat luas, hal itu bisa kamu jumpai saat menonton film bule tentang dunia keuangan.

Lantas apa hubungannya saham dengan review kali ini? Tentu saja ada karena berhubungan dengan review game ini yaitu Nabung Saham Go. Apakah sesuai dengan nama game-nya? Bagi kamu yang penasaran, simak review-nya lewat tulisan ini.


Gambar 1. Tampilan game

Simulasi untuk dunia nyata

Munculnya game ini disebabkan cukup stagnan dalam pasar modal dibandingkan negara-negara tetangga. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dan pihak terkait untuk mendongkrak masyarakat dalam berpartisipasi menjadi investor dan paham soal saham. Hal ini bisa kamu lihat seperti adanya Sekolah Pasar Modal (SPM), Virtual Trading, sosialisasi hingga game ini.

Untuk kamu yang ingin mendownloadnya sudah bisa di Android dan iOS. Untuk mendownloadnya juga hanya 60 mb, kamu sudah bisa mendapatkan gameplay yang lengkap yang membuatmu cepat mengerti dasar saham.


Gambar 2. Dunia Nabung Saham Go

Saat kamu mencoba memainkannya, kamu akan diminta untuk mendaftar yang gunanya agar kamu bisa memainkannya di berbagai smartphone. Setelah itu kamu akan diminta untuk memilih avatarmu seperti jenis kelamin, model wajah hingga bentuk rambut. Namun setelah kamu bermain, kamu masih diperbolehkan untuk mengganti avatarmu.

Setelah kamu mengurus semua datamu, kamu akan melihat dunia Nabung Saham Go. Apa saja yang bisa dilihat? Kamu bisa lihat Home, Career Center, Analisa, Showroom, Kompetisi, Sekuritas dan lainnya. Untuk awalnya kita mulai dari Home.


Gambar 3. Rumahmu

Home di sini rumahmu yang bisa di isi sesukamu namun untuk aktifitas hanya bisa menjalankan aktifitas jual-beli saham saja. Kamu juga bisa mengisi berbagai furniture di rumahmu dengan syarat harus menggunakan P (profit) yang bisa kamu dapat di Sekuritas.


Gambar 4. Berbagai aksesori yang bisa kamu koleksi namun disarankan untuk mengumpulkan skill lebih dahulu (lingkaran hitam)

Lalu apalagi yang bisa dibeli? Kamu bisa membeli kemampuan maupun kendaraan di Career Center dan Showroom. Untuk membelinya juga sama kamu wajib membayar menggunakan profit. Namun usahakan jangan banyak belanja di Showroom kecuali profitmu sudah cukup. Usahakan membeli kemampuan agar berbagai skill di game ini bisa kamu kuasai.


Gambar 5. Kamu bisa melihat portofolio dan menginvestasinya, tidak lupa juga melihat transaksimu

Oiya sebelum mendapatkan profit kamu wajib memiliki C (cash) yang semua pemain sudah mendapatkannya di awal permainan dengan cash 100.000.000. Gunanya ini untuk menginvestasi beberapa portofolio yang menurutmu menarik atau bagus ke depannya. Untuk menginvestasinya kamu bisa ke Sekuritas dan bila kamu untung poin akan meningkat dan kamu akan mendapatkan P (profit) sesuai keuntungan investasimu.


Gambar 6. Kamu juga bisa melihat pergerakan portofolio di Analisa

Oke setelah kamu mengerti investasi saham dalam sekuritas beserta Cash maupun Profit, saatnya lanjut ke Analisa. Analisa ini berguna untuk kamu yang sudah mengerti lebih lanjut perkembangan portofolio yang ditawarkan tiap perusahaan. Contohnya bisa kamu lihat di atas dalam pergerakan WIKA yang bisa kamu perhitungkan portofolio-nya ke depan.


Gambar 7. Berbagai soal yang menambah wawasanmu

Lalu apalagi? Kamu bisa ke BCA, Waskita, OJK, Gedung BEI yang berisi IDX, KPEI dan KSEI. Semuanya itu berisi soal yang berguna untuk menambah Cash-mu. Tidak hanya itu, soal yang diberikan juga menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal dasar pasar modal dan manajer investasi.

Selanjutnya ini yang paling ditunggu yaitu Kompetisi. Kompetisi di sini bisa mengajakmu berinvestasi sesuai dunia nyata. Bila dalam dunia nyata pasar modal mulai buka jam 09.00 maka kamu juga bisa membuka pas jam 09.00 sesuai jadwal pasar modal sesungguhnya. Tidak hanya itu, dalam kompetisi juga ada pertandingan sebaik apa kamu berinvestasi dalam 10 portofolio yang disajikan game ini. Bila kamu masuk kategori terbaik kamu akan diajak mengikuti Kompetisi lebih yang hadiah cukup menarik. Untuk kabar pertandingan kompetisi bisa kamu lihat di link resmi-nya.

Lalu bagaimana dengan alat pembayaran? Apa di Kompetisi masih pakai Cash (C)? Yap masih menggunakan Cash, untungnya lagi sudah di isi 100.000.000 yang membuat kita semangat ikut bertanding.

Namun dibalik itu ada kekurangan yaitu update-nya yang terkadang ngelag membuat kita sulit mau update. Tetapi tenang saja, kamu bisa menghapus Cache di aplikasinya agar bisa di update kembali. Untuk update juga terbilang ringan sekitar 5-10 mb sudah selesai update.

Akhirnya selesai juga review game ini. Bagi kamu yang penasaran dunia pasar modal, game ini sangat disarankan agar kamu menjadi paham saat mau bekerja di dunia pasar modal atau menjadi investor. Kamu tertarik? Semoga game ini bisa membantu.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. http://www.nabungsahamgo.com/post/mengenal-game-investasi-saham-quot-nabung-saham-go-quot-?utm_source=post&utm_medium=related
2. https://catatannedya.wordpress.com/2017/03/19/nabung-saham-go-belajar-investasi-saham-lewat-game/

Gambar: Milik pribadi

Related Posts :