Jumat, 29 September 2017

Father and Son – Waktunya Kamu mengenal Ayahmu

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@puncakbukit/father-and-son-waktunya-kamu-mengenal-ayahmu

Apa yang kamu bayangkan bila sebuah game tidak memiliki cerita? Tentu saja kurang menarik, terutama kurangnya kita mengenal sang tokoh utama game. Walau begitu, tetap saja ada yang memainkannya tanpa cerita dengan syarat memiliki tampilan yang menarik.

Imbasnya untuk membuat tampilan menarik, akan menambah memori. Tidak hanya itu, spesifikasi perangkat yang diminta juga ikut besar yang akhirnya membuat kita sulit untuk mencoba game tersebut. Tentu tidak mau seperti itu kan?

D:\tulisan\edisi game\Father and Son\Screenshot_20170812-234308.png
Gambar 1. Father and Son

Namun tidak masalah bagi kamu yang ingin menikmati kualitas game. Tetapi bagi kamu yang ingin ada ‘suntikan’ cerita, tentu sangat dibutuhkan. Nah membahas game yang memiliki cerita menarik, game Father and Son bisa menjadi pilihanmu. Kamu penasaran? Yuk simak reviewnya dalam tulisan ini.

Mengenal dan memahami ayahmu

Betul dalam game ini mengajak kita untuk mengenal ayah sang tokoh utama, yakni Frederico. Frederico adalah seorang arkeolog di museum arkeological, Napoli. Tugasnya waktu itu mengadakan pameran sekaligus bertanggung jawab di museum tersebut. Sayang di saat menjalankan tugasnya, sang ayah meninggal dunia. Semua itu bisa kamu lihat saat memulai permainan melalui surat yang kamu baca.

Setelah itu apalagi? Ya, sekarang waktunya kamu mengenal ayahmu. Kamu bisa melihat sekitar rumah yang berisi berbagai sejarah. Tidak hanya itu, kamu bisa juga mengeceknya juga untuk melihat sumbernya, seperti patung dan lukisan di rumahmu.

Setelah puas mengecek isi rumah, waktunya keluar. Alasan kamu keluar cukup sederhana, karena isi surat itu menyarankan kamu ke pameran museum untuk mengenal ayahmu. Saat kamu keluar, kamu akan berjumpa orang yang kamu anggap mengenal dirimu. Di sana akan ada percakapan tentang ayahmu dan bagaimana kamu menganggap ayahmu. Kamu juga bisa memberi respon positif maupun negatif yang membuat akhir cerita game ini sesuai pilihanmu.

D:\New folder (2)\Screenshot_20170812-225843.png
Gambar 2. Kamu bisa memilih responmu

Nah belum selesai di situ, kamu harus ke museum. Saat kamu di museum kamu akan berjumpa orang lagi dan melihat berbagai pameran yang membuatmu bisa melintasi waktu. Kamu dalam perjalanan ke sana atau di dalam museum bisa menemui ikon kertas yang bila kamu klik kamu akan menggambar (sketsa) untuk mengingat setiap perjalananmu. Semuanya bisa kamu lihat di gambar ini.

D:\New folder (2)\f - 1.jpg
Gambar 3. Melintasi berbagai zaman

D:\New folder (2)\f - 2.png
Gambar 4. Kamu bisa menggambar di setiap perjalananmu

Setiap tempat yang akan kamu jumpai sudah di atur dalam sistem seperti bila kamu ingin melihat pameran Pompei kamu hanya bisa melihat pameran Mesir. Namun itu tidak masalah agar sang anak bisa memahami ayahnya melalui pekerjaannya.

Ada juga tempat khusus seperti Sun Dial Room, Mosaic Collection dan tempat pakaianmu yang hanya bisa dilihat bila kamu mengunjungi lokasi aslinya yakni Museum Napoli. Kenapa begitu? karena game ini hasil kerjasama dengan museum Napoli di Italia yang tujuannya agar kita lebih mengenal sejarah bangsa Romawi, Yunani hingga Renaisans. Untuk membuktikannya kamu bisa melihatnya saat membuka game ini, maka aplikasi akan meminta izin melacak lokasi untuk melacak tempat kamu berada. Bila kamu berada di Italia atau langsung di museumnya, ada kemungkinan tempat khusus dalam game ini bisa dibuka. Sayang, karena saya memainkannya jauh dari negaranya jadi tidak bisa membukanya.

D:\New folder (2)\Screenshot_20170812-225927.png
Gambar 5. Tempat khusus dengan syarat mengunjungi museumnya langsung

Kekurangan bagi kebanyakan orang

Sebelum mencoba memainkan game ini, sudah banyak yang mencobanya terutama orang luar negeri. Kebanyakan dari mereka mengalami masalah saat membaca teks, mereka bilang sulit membacanya saat bermain di tablet (ipad). Namun masalah itu tidak saya alami karena saya memainkannya menggunakan smartphone 4.5 inch. Gambarnya bisa kamu lihat berikut.

D:\New folder (2)\Screenshot_20170812-224507.png
Gambar 6. Masalah tidak ditemukan saat bermain dengan smartphone Android

Kekurangan lain yang masih terasa adalah cerita yang diberikan yaitu hanya 3 bagian. Memang dengan 3 bagian saja saya mengerti dalam memahami sang ayah. Namun alangkah baiknya bila ditambah bagian ceritanya agar semakin menarik, apalagi ini tentang sejarah yang masih banyak disukai orang. Tetapi semuanya terbayar bila kamu langsung mengunjungi Museum Napoli yang kaya akan sejarah.

Kesimpulan

Bagi kebanyakan orang mungkin game ini kurang menarik karena sedikitnya adegan action (beraksi) namun terbayar bila kamu memang mencari game yang memiliki cerita yang mendalam. Kamu juga dapat menikmati tampilan game dengan tampilan lukisan (cat air) yang membuat game ini terasa beda. Bagi yang belum pernah memainkan game ini mungkin terasa beda, namun lain ceritanya bila sudah pernah memainkannya seperti game The End of The World.

Untuk kamu yang tertarik sudah bisa unduh melalui Android dan iOS, sedangkan gamenya sudah bisa dimainkan offline. Akhir kata semoga game ini bisa membuatmu lebih mengenal dan memahami ayahmu, Arrivederla!

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar: Milik pribadi

Related Posts :