Rabu, 13 September 2017

Duolingo ~ Sekarang Kamu Bisa Belajar Bahasa Sambil Bermain

Sudah terbit di: https://steemit.com/game/@puncakbukit/duolingo-sekarang-kamu-bisa-belajar-bahasa-sambil-bermain

Bahasa sudah menjadi kebutuhan setiap manusia, tidak peduli anak-anak maupun dewasa tetap membutuhkannya. Namun di zaman modern, anak-anak mulai malas mempelajari bahasa yang imbasnya menurunkan kualitas generasi muda, terutama dengan adanya game/permainan. Padahal manfaat bahasa cukup banyak seperti yang sering kita lihat di TV yaitu menjalin kerjasama antar Negara dan bisa berbicara akrab dengan orang asing. Lantas bagaimana caranya agar mereka mau belajar bahasa? Nah, aplikasi Duolingo ini bisa membantu.

D:\Duolingo\Untitled 4.jpg
Gambar 1. Waktunya belajar sambil bermain

Belajar sambil bermain

Mengajak anak-anak belajar bahasa sebenarnya mudah namun hanya di awalnya saja. Setelah selang beberapa hari akan menjadi sulit yang membuat kita bisa kehabisan ide. Untungnya berkat aplikasi duolingo, kita bisa mengajak anak-anak belajar bahasa. Belajar bahasa yang ada di aplikasi ini terbilang cukup unik yakni membuat kita serasa bermain. Padahal fitur aplikasi yang diberikan hanya seputar melatih speking/berbicara, listening/mendengar, writing/menulis, reading/membaca dan menghafal.

D:\Duolingo\Untitled 1.jpg
Gambar 2. Berbagai fitur semangat belajar

Nah membahas fiturnya ada juga hal lain yang membuat anak-anak semakin semangat yaitu poin. Dengan mengumpulkan poin seorang anak akan semakin semangat dan bisa share atau berbagai di berbagai akun social media-nya.

Fitur lainnya yang membuat seorang anak semakin rajin belajar adalah fitur berikon barbel. Ikon ini berguna untuk meningkatkan kembali kemampuan anak setelah ia melewati stage, jadi kita tetap aman apabila dia telah bermain duolingo cukup lama.

Dewasa juga bisa bermain

Eits bukan hanya anak-anak saja yang bisa bermain, orang dewasa juga bisa apalagi kita yang ingin belajar bahasa namun terkendala finansial sangat cocok. Mengapa aplikasi ini cocok? Sebab sudah bisa di download di Android, iOS dan Windows Phone. Bahkan bila kamu tidak memiliki smartphone, kamu bisa belajar langsung ke web-nya, jadi tidak wajib memiliki smartphone.

Lantas, apakah level pelajaran yang di ajarkan antara anak-anak dengan dewasa sama? Kalau soal itu saya pribadi kurang tahu, namun seseorang yang terkendala finansial untuk belajar bahasa tentu sangat beruntung bisa belajar bahasa semudah ini. Kamu tinggal aktifkan internet, maka akan otomatis diberi notif belajar bahasa yang membuat kita selalu belajar bahasa.

D:\Duolingo\Untitled.jpg
Gambar 3. Belajar bahasa lain? Bisa

Tapi keunggulan aplikasi ini bukan hanya itu saja, kamu bisa juga belajar berbagai bahasa sesuai minatmu seperti kamu yang ingin kuliah di Prancis bisa mempelajari bahasa Prancis atau kamu yang suka Spanyol bisa mempelajari bahasanya.

D:\Duolingo\Untitled 2.jpg
Gambar 4. Berbagai penawaran menarik

Lepas dari itu, Duolingo juga punya berbagai penawaran seperti paket offline, paket bebas iklan dan paket belajar perbulan yang bila dihitung-hitung lebih hemat daripada belajar di bimbel (bimbingan belajar) walaupun kita belajar sendiri, namun tidak masalah kan?

Oke begitulah review aplikasi ini yang bisa kamu buat sambil bermain. Bagi kamu yang punya adik atau teman-teman seumurannya bisa menyarankan aplikasi ini agar semakin semangat belajar bahasa, atau bisa juga dihubungkan ke monitor seperti proyektor yang membuat suasana belajar bisa dilakukan bersama-sama. Akhir kata, tidak ada kata terlambat untuk belajar seperti belajar bahasa.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar: Dokumen pribadi

Related Posts :