Selasa, 01 Agustus 2017

Yu Gi Oh – Duel Links : Ayo Duel dengan Kartumu

Ayo siapa yang pernah mendengar kata seperti ini, “ore no ta, doro” atau “boku no ta, doro”. Kalau pernah, tentu kamu sudah kenal dengan anime Yu-Gi-Oh yang terkenal dengan gaya permainan kartunya, tidak lupa juga tokohnya yang terkadang lebay.

D:\Ridsal Shippuden\tulisan\edisi game\Yu Gi Oh - Duel Links\Screenshot_20170318-080643.png
Gambar 1. Tampilan game

Nah membahas Yu-Gi-Oh, anime-nya masih berjalan dengan berbagai cerita baru. Tidak hanya itu, perkembangan dari duel kartu anime-nya juga ikut berkembang yang bisa kamu lihat di berbagai game Yu-Gi-Oh di laptop. Namun perkembangannya bukan cuma di PC saja, di smartphone juga sudah tersedia dengan membawa gaya duel versi lama. Bagi kamu yang tertarik, bisa simak artikel Yu-Gi-Oh – Duel Links ini.

Saatnya Duel di Smartphone
Yup, kamu sekarang bisa memainkan game Yu-Gi-Oh di smartphone. Duel yang kamu lakukan juga bisa dilakukan secara PvP sehingga membuat kamu bisa meningkatkan kemampuan deck dengan berbagai karakter tokoh Yu-Gi-Oh yang ada di awal anime.

Untuk game-nya sendiri juga sudah tersedia di Android versi 4.4 (kitkat) sehingga kamu yang memiliki smartphone versi lama tetap bisa memainkannya. Namun kamu harus bersiap-siap memiliki ruang memori yang besar, sebab game ini membutuhkan ruang memori sebesar 1 GB yang membuat kamu cukup sulit untuk mengisi aplikasi favoritmu. Solusinya, kamu bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan akun Gmail yang sudah ada di Play store yang membuatmu bisa menghapusnya tanpa takut kehilangan data permainanmu. Semua itu bisa kamu lihat di keterangan Play Store Yu-Gi-Oh – Duel Links.

Nah setelah kamu mendengar keterangan game ini dan mendownloadnya, waktunya kamu memulai. Di awal keterangan kamu akan di tanya tentang pengetahuan duel kartu Yu-Gi-Oh yang tujuannya untuk memudahkanmu mendapatkan tokoh yang kamu sukai, namun bila kamu pemain baru tekan saja tombol belum kenal (semua dalam bahasa inggris) yang sudah tersedia tokoh Yami Yugi dan Seto Kaiba. Saran, lebih baik pilih belum kenal, soalnya karakter di awal yang bisa dipilih hanya 2 saja.

Bila kamu memilih Yami Yugi, kamu akan mendapatkan deck dark (kegelapan) dengan kartu andalan Dark Magician. Sedangkan jika memilih Seto Kaiba, kamu akan memiliki Blue Eyes White Dragon dengan deck light (cahaya) bertipe dragon (naga).

D:\Ridsal Shippuden\tulisan\edisi game\Yu Gi Oh - Duel Links\Yu Gi Oh.png
Gambar 2. Pengenalan dunia Yu-Gi-Oh (dimulai dari kiri)

Setelah kamu memilih kamu akan di tunjukkan tampilan dunia duelink dan dibahas di setiap tempat yang masing-masing punya tempat tertentu seperti gambar paling ujung kiri tempat menantang tokoh duelist baru yang bisa kamu jadikan sebagai karaktermu, yang berikut tempat PvP untuk menantang pemain lain secara online. Lalu berikut tempat membeli kartu dan terakhir tempat menyusun deck yang sesuai minatmu.

Setelah kamu kenal dunia game Yu-Gi-Oh, waktunya kamu mencari penantang duel dengan gambar wajah pemain game. Saat kamu memilih penantang duel, kamu akan melihat level dan deck-nya yang bisa kamu sesuaikan agar kamu menang.

D:\Ridsal Shippuden\tulisan\edisi game\Yu Gi Oh - Duel Links\Yu Gi Oh - 1.png
Gambar 3. Tampilan permainan (dimulai dari kiri)

Usahakan dalam bermain menggunakan trap card, magic card dan kalau bisa menggunakan kombo yang membuat kamu semakin mahir menggunakan setiap kartu sehingga deck apapun bisa kamu sesuaikan.

D:\Ridsal Shippuden\tulisan\edisi game\Yu Gi Oh - Duel Links\Yu Gi Oh - 2.png
Gambar 4. Yuk kembangkan deck-mu

Jadi, yuk kembangkan deck-mu.

Sisi Kurangnya game Yu-Gi-Oh di Smartphone
Hm... Dibalik menariknya game ini tentu ada kekurangannya seperti memakan memori yang cukup besar namun terbayar dengan menampilkan monster 3D bila kamu mengeluarkan kartu andalan tiap karakter. Tetapi tidak cukup di situ, hal yang menyebalkan secara pribadi adalah update yang terlalu sering yang memakan kuota tidak terbilang sedikit, membuat kita pingin cepat-cepat menghapus game ini walaupun ada alasannya seperti menampilkan event baru dengan mendapatkan kartu dan tokoh baru seperti Bakura yang telah saya dapatkan bersama deck-nya.

Intinya, game ini sudah cukup baik terutama adanya PvP yang membuat kita terus mengasah kemampuan duelist kita. Sisanya tinggal update-nya saja cukup diberi jarak sehingga pemain Yu-Gi-Oh bisa menghemat kuotanya.

Nah begitulah review game kali ini, semoga berikutnya kita bisa membahas kartu maupun deck-nya yang membuat kita bisa meningkatkan kemampuan kita. See you next time.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar: Semua gambar milik pribadi

Related Posts :