Jumat, 26 Mei 2017

Patapon Game Dua Dimensi Yang Unik Part 3 (Karakter Suku Patapon)

4. Kibapon

Kibapon merupakan pasukan berkuda yang bersenjatakan tombak. Jika memakai kibapon, secara otomatis posisinya akan berada di barisan paling depan. Kibapon memiliki damage yang cukup besar dan serangannya juga cepat. Kibapon akan maju sambil menusukkan tombaknya ke lawan. Ketika fever mode jarak serangan dan kekuatan serangannya akan meningkat, selain itu serangan kibapon dapat membuat lawan tepental ke belakang. Tentunya hal ini akan menguntungkan kita karena lawan akan sulit maju. Sehingga pasukan dengan serangan jarak menengah dan jauh (yariponn dan yumipon) akan lebih efektif mengalahkan musuh.

C:\Users\Pohan\Pictures\kibapon.png
Gambar 1. Kibapon

Kibapon juga bisa dipakai untuk mengambil drop item dengan cepat ketika menyerang. Meskipun kibapon memiliki peranan yang sangat penting, namun kibapon memiliki pertahanan yang lebih rendah dibandingkan tatepon. Sehingga kibapon menerima lebih banyak damage dari musuh. Kibapon juga kurang cocok ketika berhadapan dengan monster yang memiliki serangan besar serta semburan api.

5. Dekapon

Dekapon merupakan petarung dengan damage terkuat. Selain itu dekapon biasa dipakai sebagai tanker yang dapat menerima banyak damage dari lawan karena karakter ini memiliki health point terbanyak dibandingan karakter lainnya. Hanya saja maksimal pemakaian dekapon hanya tiga, berbeda dengan yaripon, yumipon dan tatepon di mana ketiga karakter ini dapat digunakan sampai lima. Ketika fever mode serangan dekapon akan semakin besar lagi. Jika menggunakan charge dan attack (pon-pon-chaka-chaka dan pon-pon-pata-pon) maka dekapon akan mengangkat gadanya dan memukulkannya ke tanah, yang kemudian menghasilkan gempa dan pasukan lawan akan terjatuh. Walaupun memakan waktu lama, tapi serangan seperti ini sangat bermanfaat untuk menghentikan lawan sementara. Sedangkan pasukan lainnya dapat menyerang dengan bebas.

C:\Users\Pohan\Pictures\Dekapon.png
Gambar 2. Dekapon

Dekapon jangan disandingkan dengan tatepon dan kibapon karena dalam formasi secara otomatis tatepon dan kibapon berada di barisan paling depan. Lebih baik mengkombinasikan dekapon dengan yaripon, yumipon atau megapon.

Dekapon tidak cocok dipakai ketika melawan monster, hal ini dikarenakan gerakan dan serangannya yang lambat. Sehingga tidak akan efektif melawan monster yang umumnya memiliki serangan cepat serta semburan api atau laser.

6. Megapon

Megapon merupakan karakter terakhir dari semua pasukan patapon yang ada. Karakter ini biasanya berada di barisan paling belakang. Namun, ketika disandingkan dengan yumipon maka posisinya akan berada di tengah. Megapon menyerang lawan dengan menggunakan suara yang dihasilkan dari terompetnya. Damage dari megapon jauh lebih besar dibandingkan yumipon, namun jarak serangannya tidak sejauh yumipon. Serangan megapon akan bergantung kepada kombo music yang dimainkan. Serangan normal megapon akan berupa nada yang memantul-mantul. Namun ketika fever mode serangannya otomatis memiliki efek api. Sehingga lawan dapat terbakar terkena serangannya.

C:\Users\Pohan\Pictures\Megapon.png
Gambar 3. Megapon

Megapon sangat berguna ketika melawan musuh (zigoton) ataupun monster. Karena serangannya cukup jauh dengan damage yang besar. Akan tetapi untuk memperoleh megapon kita harus menyelesaikan sekitar 80% dari jalan cerita. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk memperolehnya, namun hal ini sepadan dengan keunggulan yang dimilikinya. Sama seperti dekapon, pemakaian megapon maksimal sebanyak tiga.

Masing-masing player dapat mengkombinasikan ke enam karakter sesuai dengan seleranya masing-masing. Masing-masing karakter memiliki keunggulan dan kelemahan yang dapat diisi satu sama lain.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. Milik Pribadi
2. Milik Pribadi
3. Milik Pribadi

Related Posts :