Jumat, 07 April 2017

VOEZ ~ Permainan Musik untuk Melodi Unik

Setelah rilis Cytus dan Deemo dalam seri mobile music, Rayark kembali mengeluarkan seri terbaru dengan nama VOEZ yang semula disebut “Project V” di tahun 2016. Untuk game-nya sendiri platform iOS dan Android dengan nuansa yang ceria namun tetap menggoda, terutama pada tampilan visual.

Game-nya sendiri tidak kalah menarik berkat pengalaman sang developer dari rilis game sebelumnya. Bagi kamu yang tertarik bisa simak artikel berikut ini.

C:\Users\user\Downloads\spin articel\edisi game\VOEZ ~ Permainan Musik untuk Melodi Unik\Screenshot_20161008-181907.png
Gambar 1. Tampilan VOEZ

Gameplay Menarik dan Menantang

Gameplay di sini tidak hanya tap saja seperti kebanyakan game musik di smartphone. Dalam VOEZ terdapat 4 macam note yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Tap merupakan note standar dalam game musik, kamu hanya mengetuk note tersebut saat garis penentu.
  2. Hold, kamu perlu menekan dan menahan note tersebut menyentuh garis penentu.
  3. Swipe, note berbentuk anak panah yang harus diarahkan sesuai arah anak panah.
  4. Slide, kumpulan note kecil yang bisa kamu tekan hingga ke garis penentu.

Kamu yang masih belum mengerti cara memakai note tersebut tidak perlu khawatir, sebab di saat mulai bermain akan diberi tutorial singkat tanpa harus repot. Setelah kamu mengerti baru permainan dimulai dengan memilih lagu sesuai genre yang kamu suka seperti: elektro, rock, jazz, akustik dan lainnya. Lantas dimananya game ini menantang?

Game ini dibilang menantang sebab memiliki 4 note yang bisa dilakukan secara bersamaan. Sulitnya lagi, note dalam permainan ini bisa melakukan gimmick (tipuan) yang bisa mengecoh konsentrasi kita. Tidak peduli musik yang dipilih, pasti akan muncul gimmick. Gimmick yang sering muncul biasanya letak note tidak bertahan satu posisi saja namun bisa berpindah ke tempat. Ada juga tipuan gabungan seperti Hold tiba-tiba berpindah tempat namun diselingi Slide, membuat jari kita harus tangkas dalam menghadapi setiap tantangan dalam musik yang diputar.

C:\Users\user\Downloads\spin articel\edisi game\VOEZ ~ Permainan Musik untuk Melodi Unik\Screenshot_20170204-220241.png
Gambar 2. Tantang dirimu dengan VOEZ

Gameplay-nya yang menarik plus menantang tidak sebatas itu saja, latar permainan dan batas garis juga cukup menarik dan bisa menghamburkan konsentrasi. Belum lagi grafik yang ditawarkan sesuai level (Easy, Hard dan Special) yang diminati membuat kamu betah memainkannya.

Story dalam Diary

Dalam game ini juga, ada karakter yang bisa digunakan. Saat pertama kali mendownload game ini akan muncul 6 tokoh (kalau tidak salah) sesuai halaman web Rayark. Untuk cerita setiap karakter sudah ada dalam diary namun untuk membuka isi diary terbilang sulit sebab kita harus menyelesaikan musik dengan skor yang baik atau nilai yang dikumpulkan harus sesuai syarat membuka diary.

C:\Users\user\Downloads\spin articel\edisi game\VOEZ ~ Permainan Musik untuk Melodi Unik\Screenshot_20161006-003531.png
Gambar 3. Salah satu isi diary

Diary dalam game ini cukup berguna bila kamu sedang bosan, sebab dalam diary ini ada juga gambar anime dengan style cat minyak yang membuat kamu semakin betah untuk memainkan game musik ini.

Koneksi Internet yang Menyebalkan

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan seperti game menarik ini dalam hal koneksi internet. Permasalahannya adalah adanya sistem sejenis cross-save, yang intinya data langsung tersimpan lewat akun yang telah kamu daftar sehingga tidak perlu takut bila smartphone-mu ketinggalan. Awalnya sih senang, namun saat dicoba mengkoneksikan ke akun butuh waktu yang cukup lama, parahnya lagi terkadang gagal login yang membuat kamu wajib mencari koneksi WI-FI yang lancar.

Kekurangan lainnya dalam game ini, masih sedikit musik yang ditawarkan sehingga kita wajib membeli versi premium. Namun jangan khawatir, asalkan kamu koneksi internet berbagai musik bisa kamu mainkan. Nah bagi kamu yang ingin langsung punya, bisa membeli “kunci” berkisar Rp 12.000 yang bisa digunakan untuk membeli lagu, icon, diary dan hal lainnya, dan jika kamu beruntung kamu bisa mendapatkan promo Rp 300.000 untuk membeli versi premium.

Nah begitulah game VOEZ yang membuat musik menjadi melodi unik. Bagi kamu yang tertarik download sekarang tapi pakai disarankan WI-FI, soalnya game ini memerlukan ruang 500 mb. Semoga bermanfaat.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar :
Gambar 1 dan 3 milik pribadi
Gambar 2: https://lh3.googleusercontent.com/XhpwiqnWH02bpNEGKtTe-VUyCuMKofxL7DbmkxtDGWhKvkyoWyTj6pJeFbgx-GS9z8Li=h900-rw

Related Posts :