Kamis, 05 Januari 2017

Patapon Game Dua Dimensi Yang Unik Part 1

Patapon merupakan game strategi yang cukup unik. Pada game ini kita tidak memainkan satu karakter namun satu pasukan yang bergerak sesuai dengan bunyi drum/ gendang yang dimainkan. Ya, tugas kita adalah memainkan gendang tersebut agar pasukan dapat maju dan menyerang. Permainan ini terdapat dikonsol PSP dan termasuk game terfavorit di konsol tersebut.

Player dalam game ini dianggap sebagai entitas tertinggi atau anggapannya dewa bagi suku patapon (suku/ pasukan yang kita mainkan). Tujuan dari suku ini adalah menjelajahi dan mencapai ujung dunia (Earthend) yang dahulu diperoleh oleh nenek moyang suku patapon. Dahulu suku patapon sangat ditakuti karena kekuatannya. Tidak ada suku lain atau monster yang tidak dapat dihadapi. Namun, saat player memainkan game ini keadaan suku patapon sedang menurun drastis dan di situlah peran player sebagai pemimpin pasukan untuk memandu suku ini menuju earthend dengan tabuhan gendang.

C:\Users\Pohan\Pictures\Patapon Awal.png
Gambar 1. Start Menu Game

Permainan ini umumnya hanya membutuhkan empat tombol saja yaitu, ▲(chaka), ■ (pata), ● (pon), x (don). Kombinasi dari empat tombol inilah yang akan menggerakkan pasukan patapon.
- Pata, pata, pata, pon: Pasukan bergerak maju
- Pon, Pon, Pata, Pon: Pasukan menyerang musuh
- Chaka, Chaka, Pata, Pon: Pasukan bertahan
- Pon, Pata, Pon, Pata: Pasukan berlari ke belakang untuk menghindari serangan musuh
- Pon, Pon, Chaka, Chaka: Charge (Mengumpulkan tenaga), meningkatkan daya rusak serangan apabila langsung digunakan setelah charge.
- Don, Don, Don, Don, Don: Miracle (keajaiban). Dapat membuat hujan, angin, badai atau gempa. Namun untuk menggunakan miracle kita memerlukan salah satu dari secret juju yaitu: rain juju, tailwind juju, storm juju, earthquake juju, yang dapat disesuaikan dengan lokasinya nanti. Selain itu miracle hanya dapat digunakan setelah memasuki fever mode.

C:\Users\Pohan\Pictures\fever mode.png
Gambar 2. Fever Mode

Fever mode dapat diperoleh setelah berhasil melakukan 10 combo berturut-turut, tekadang bahkan kurang. Fever mode membuat pasukan lebih kuat, lebih gesit, pertahanannya lebih kuat. Oleh karena itu, usahakan buat kombo sampai fever mode diperoleh untuk mempermudah permainan dan pertahankan agar tidak hilang. Karena salah kombo atau timingnya tidak tepat maka fever mode akan hilang dan player harus mengulangi kombonya dari awal.

Game ini memang berbeda dibandingkan game lainnya. Ketika memainkan kombo gendang, player harus menyesuaikan dengan nada yang ada dalam game. Di mana gendang yang dimainkan harus sesuai, tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lama. Awalnya memang cukup sulit, namun jika sudah terbiasa maka game ini akan sangat menyenangkan.

Musuh utama dalam game ini adalah suku zigoton yang dari dahulu menjadi pesaing suku patapon. Selain suku zigoton, masih banyak monster lain yang harus dikalahkan untuk mencapai earthend dan untuk memperoleh secret juju. Selain bertarung, player juga dapat memandu para patapon untuk berburu yang nantinya diperoleh item yang berguna untuk membuat pasukan baru dan lainnya.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan

Sumber Gambar:
Milik Pribadi
Milik Pribadi

Related Posts :