Senin, 01 Agustus 2016

Monster Hunter Part19 (Weapon Class 3)

3. Dual Sword

Dual sword memungkinkan hunter memakai dua pedang di kedua tangannya. Dual sword memiliki keuntungan dari segi combo serangan dan cepatya serangan yang dilakukan. Damage yang dihasilkan tentu dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sword and shield. Karena setiap pedang yang dipakai walaupun memiliki damage yang sama namun ketika mengenai musuh akan dilipatgandakan.

Combo style pada dual sword merupakan yang paling baik dibandingkan dengan weapon class lainnya. Hunter juga dapat bergerak lincah ketika memakai senjata ini. Namun kekurangan dari senjata ini adalah tidak dapat bertahan. Jadi kegesitan hunter untuk menghindari setiap serangan menjadi hal yang mutlak ketika memakai senjata ini. Kekurangan tersebut ternyata ditutupi dengan skill yang khusus ketika memakai dual sword. Untuk bertahan kita harus menekan tombol R1 di stick konsol yang dimiliki. Ketika memakai dual sword, tombol tersebut berfungsi seperti battle mode yang ditandai dengan hunter akan mengangkat kedua pedangnya ke atas sambil mengeluarkan aura merah. Jika diperhatikan pada ujung pedang atau pada sekitar pedang terdapat aura merah yang berfungsi untuk menambah jarak serangan dan damage. Selain itu combo style yang dapat digunakan oleh hunter akan bertambah, atau dengan combo sebelumnya akan lebih panjang durasi serangan dari combo yang dipakai.


Gambar 1. Dual Blade Hunter

Namun, ketika memakai battle mode stamina akan terus berkurang dan ketika battle mode akan usai. Begitu juga ketika hunter menyarungkan pedangnya. Untuk hal ini hunter dapat menggunakan power juice ataupun mega juice untuk membuat stamina menjadi tidak terbatas untuk beberapa saat. Berikut merupakan senjata yang dapat dijadikan rekomendasi ketika memilih weapon class ini.

  • Gradios Ultimus
    Damage (252), elemen fire, Cost (15930 gold). Material (Rathalos Wing x1, Rathian Spike x9, Wyvern Marrow x2)

    Weapon path:
    Bone Kris → Bone Kris+ → Bonepick → Bonepick+ → Bonespike → Bone Scythe → Gradios → Gradios+ → Gradios Ultimus
    Senjata ini termasuk yang paling kuat untuk dual sword, namun kekurangannya terdapat pada material yang dibutuhkan yaitu rathalos wing yang notabene-nya merupakan item tersulit no.2 untuk diperoleh. Namun, jika menginginkan serangan dengan elemen fire yang kuat dan cepat ini dapat hunter gunakan sebagai pertimbangan.

  • Cyclone
    Damage (238), Cost (5850 gold), Material (Machalite Ore x10, Disk Stone x25, Earth Crystal x5).
    Weapon path:
    Hunter’s Knife → Hunter’s Knife+ → Hunter’s Dagger → Hunter’s Dagger+ → Assasin Dagger → Twin Dagger → Twin Dagger+ → Hurricane → Hurricane+ → Cyclone Senjata bagus dengan damage yang lumayan, namun kekurangannya tidak memiliki elemen. Sehingga hunter hanya akan memberikan damage murni dari power senjata ini sendiri. Namun, ketajaman dan daya tahan pedang ini sangatlah terjamin.

  • Cutlass+
    Damage (210), elemen water, Cost (7860 gold). Material (Plesioth Scale x10, Cephalos Scale x10, Mega Demondrug x5).

    Weapon path:
    Bone Kris → Bone Kris+ → Bonepick → Bonepick+ → Bonespike → Bone Scythe → Bone Scythe+ → Cutlass → Cutlass+ Satu-satunya dual sword dengan elemen water. Memiliki keunggulan ketika melawan basarios dan gravios. Kekurangan senjata ini adalah daya tahannya yang kurang jika dibandingkan dengan kedua senjata sebelumnya sehingga hunter harus banyak membawa whetstone untuk mempertajam senjata ini.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan

Sumber:
1. www.monsterhunter.wikia.com

Related Posts :