Selasa, 16 Agustus 2016

Monster Hunter Part 21 (Weapon Class 5)

5. Lance/Spear

Tombak merupakan senjata utama pada weapon class ini. Serangan yang dihasilkan sangatlah cepat pada satu titik. Jadi untuk mengincar bagian terlemah pada monster cukuplah mudah ketika memakai lance/spear. Serangannya tentu saja berupa tusukan sebanyak 3 kali dalam sekali serang. Biarpun terbatas namun dapat diarahkan sesuka hati. Serangan tusukan dapat mendatar atau mengarah ke atas dengan sangat mudah. Walaupun demikian senjata tombak sangatlah berat dan menyulitkan bergerak ketika senjata dikeluarkan. Namun, hanya tombak yang mampu melompat kebelakang untuk menghindari serangan monster.

Selain itu ketika memakai tombak hunter akan dibekali dengan tameng yang paling efektif untuk menahan serangan monster baik itu serangan fisik atau semburan api dan air. Untuk gas tidur dan racun tetap akan terkena efeknya. Bisa dikatakan perisai dari tombak merupakan yang paling kuat dibandingkan weapon class lainnya. Selain itu hunter dapat menyerang monster dengan berlari menerjang monster sambil mengarahkan tombaknya ke depan dan melukai monster sambil berlari Namun, serangan ini memakan banyak stamina. Untuk masalah stamina dapat diatasi dengan power juice dan mega juice.


Gambar 1. Lance Set Armor And Weapon

Pada seri monster hunter 2 dan seterusnya terdapat weapon class tambahan yaitu Gunlace yang berupa tombak namun dapat menembakkan api dari tombak tersebut. Versi upgrade ini sangatlah berguna dan mempunyai spesial move berupa ledakan bom, namun butuh beberapa waktu untuk charging sampai berhasil menembakkan ledakan. Pada monster hunter serial ini hanya berupa lance biasa yang memang khusus untuk menusuk. Walaupun serangannya terbatas, beberapa senjata berikut dapat menjadi rekomendasi untuk menghadapi monter yang kuat, yaitu:

  1. Ogre Tusk
    Damage (460), Cost (12120 gold), material (Large Monster Bone x10, Loprey Hide x20, Mega Demondrug x2).

    Weapon path:
    Bone Lance → Bone Lance+ → Long Horn → Long Horn+ → Long Tusk → Barbarian Tusk → Barbarian Tusk+ → Barbaroi Tusk → Ogre Tusk
    Salah satu lance terkuat namun memiliki kelemahan karena tidak memiliki elemen. Namun demikian damage yang dihasilkan tidaklah kalah jika dibandingkan dengan lance lainnya.


    Gambar 2. Ogre Tusk Lance

  2. Aqua Spear+
    Damage (253), Elemen (water), Cost (5010 gold), material (Plesioth Fin x4, Cephalos Fin x2, Demondrug)

    Weapon path:
    Aqua Spear → Aqua Spear+
    Satu-satunya lance dengan elemen water. Sangat efektif ketika berhadapan dengan basarios dan gravios.


    Gambar 3. Aqua Spear

  3. Spear Of Prominence
    Damage (322), Elemen (fire), Cost (48000 gold), material (Rathalos Tail x10, Wyvern marrow x5, Flame Sac x9).

    Weapon path:
    Bone Lance → Bone Lance+ → Red Tail → Red Tail+ → Hellfire → Spear of Prominence
    Salah satu tombak terkuat dengan elemen fire sebagai elemen utama yang memberikan damage tambahan ketika mengenai monster.


    Gambar 4. Spear Of Prominence

Oleh: Ahmad Azhari Pohan

Sumber: 1. monsterhunter.wikia.com
2. monsterhunter.wikia.com
3. monsterhunter.wikia.com
4. monsterhunter.wikia.com

Related Posts :