Senin, 15 Agustus 2016

Monster Hunter Part 20 (Weapon Class 4)

4. Hammer

Weapon Class satu ini menggunakan palu sebagai senjata utamanya. Memakai hammer dalam game memberikan damage yang paling besar dan sangat efektif jika hunter memang suka menyerang di satu titik. Namun, pemakaian hammer lebih baik diarahkan di kepala monster. Jika monster terkena serangan terus menerus di bagian kepala maka monster akan pusing dan tersungkur beberapa saat. Saat-saat seperti ini akan memberikan waktu lebih bagi hunter untuk menyerang monster. Terlebih pada sebagian besar monster memiliki kelemahan di bagian kepala.

Serangan dengan menggunakan hammer tidak memiliki banyak combo serangan. Jika memakai serangan biasa maka hunter akan memukul-mukulkan hammernya ke tanah dua kali berturut-turut dan pukulan ketiga akan mengarah ke atas dengan cepat. Serangan yang ke tiga jika mengenai monster akan memberikan damage yang lebih besar dibandingkan dua serangan sebelumnya. Ketika memakai hammer hunter tidak akan bisa bertahan. Kekurangan ini ditutupi dengan power attack dengan menekan dan menahan tombol R1 di stick PS2 akan menyebabkan hunter menarik hammernya ke belakang untuk charge power attack. Tunggu ketika charge-nya selesai dan lepaskan tombol R1 tadi maka hunter akan mengeluarkan serangan yang lebih kuat.


Gambar 1. Gravios Set Armor And Graviton Hammer

Ketika charge power attack stamina otomatis akan berkurang, untuk hal ini hunter dapat menggunakan power juice atau mega juice untuk mengatasi keterbatasan stamina. Ketika memakai power attack serangan yang dikeluarkan ada dua jenis. Yang pertama jika hunter melepaskan R1 sambil berjalan maka hunter mengayunkan hammernya berputar-putar dan memberikan damage berkali-kali kepada monster. Tipe kedua jika hunter melepas R1 dan tidak menggerakkan hunter maka karakter hunter akan mengayunkan hammernya ke tanah dengan sekali serangan yang sangat kuat dan memberikan gempa kecil di sekitar bekas hantaman.

Kelemahan terbesar pada hammer adalah ukurannya yang besar sehingga memiliki berat yang jauh berbeda dibandingkan senjata lainnya. Ketika selesai menghantam monster dengan hammer dan butuh untuk menyimpan hammer (sheath) akan memakan waktu sedikit lama dibandingkan senjata lainnya. Namun demikian fungsi dari hammer dapat dimaksimalkan hunter jika berhasil menguasainya dengan baik. Berikut senjata yang dapat dijadikan rekomendasi untuk hammer dengan serangan dan elemen yang baik ketika menghadapi monster.

  1. Graviton Hammer
    Damage (728), Elemen (poison), Cost (10860 gold), Material (Basarios Shell x10, Rathian Spike x12, Machalite Ore x5)

    Weapon path:
    Iron Hammer → Iron Hammer+ → Spiked Hammer → Spiked Hammer+ → Shell Hammer → Graviton Hammer

    Salah satu hammer terkuat dengan elemen poison. Hammer ini sangat berguna ketika melawan monster sekelas rathalos dan rathian. Namun berhati-hati karena kedua monster sangatlah lincah.

  2. Kut-Ku Jaw
    Damage (780), Cost (10290 gold), material (Large Monster Bone x3, Piscine Fang x10, Mega Demondrug x1)

    Weapon path:
    Bone Hammer → Bone Hammer+ → Cyclo Hammer → Cyclo Hammer+ → Atlas Hammer → Skullcrusher → Skullcrusher+ → Kut-ku Chin → Kut-Ku Jaw

    Senjata ini cukup bernilai untuk dimiliki dan item yang dibutuhkan tidak terlalu sulit untuk diperoleh, mungkin hanya giant beak yang sedikit susah untuk diperoleh. Namun, karena sebagian besar item yang dibutuhkan berasal dari Yian Kut-Ku yang notabene-nya tidaklah sulit untuk dikalahkan.


    Gambar 2. Kut-Ku Jaw Hammer

  3. Prison Hammer
    Damage (728), Elemen (Stun), Cost (10860 gold), material (Machalite Ore x12, Thunderbug x7, Electro Sac x2)

    Weapon path:
    Bone Hammer → Bone Hammer+ → Cyclo Hammer → Cyclo Hammer+ → Atlas Hammer → Jail Hammer → Jail Hammer+ → Prison Hammer

    Hammer yang cukup membantu dengan elemen stun yang dimilikinya. Hunter memiliki dua peluang yang baik dengan memakai hammer ini. Jika tidak menyebabkan monster jatuh tersungkur monster akan stun, dan memberikan keuntungan bagi hunter untuk menghajar monster.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan

Sumber:
1. www.monsterhunter.wikia.com
2. www.monsterhunter.wikia.com

Related Posts :