Senin, 20 Juni 2016

Serunya Sensasi Balapan Motor dengan Game Traffic Rider

Berbicara mengenai game balap motor maka jangan sampai terlewatkan untuk mencoba game balap motor yang satu ini: Traffic Rider. Saya sendiri merasa penasaran ketika mendapati game ini di play store dengan rating yang bagus (4.7) dan jumlah unduhan mencapai lebih dari 50 juta unduhan. Dengan angka sebesar itu jelas bahwa game balap motor ini banyak yang menyukai. Dan memang benar, setelah berhasil di pasang di smartphone lalu dimainkan, hasilnya tidak mengecewakan.

Meskipun tidak memakai embel-embel “3D” pada namanya, namun kualitas grafic game ini setara dengan 3D atau bisa dibilang lebih baik dari 3D. Terlihat Soner Kara sebagai pihak pengembang mampu menyajikan game balap motor yang sangat mapan. Detail gamenya dibuat dengan sangat baik, dari mulai pengambaran motornya, sampai tampilan lokasi jalan sebagai jalur lintasan dibuat rinci dengan kualitas yang mumpuni. Memainkan game ini serasa kita benar-benar berada dalam lokasi riil di dunia nyata.


Gambar 1. Ikon Game Traffic Rider

Sejauh ini saya sudah mencapai level 25 dengan telah berada di tantangan mission ke 29. Mencapai pada titik itu sensasi seru dan menegangkan untuk bisa melewati tantangan demi tantangan tak bisa dihindarkan. Pada tiap misinya kita dihadapkan dengan tantangan yang berbeda dan semakin sulit. Bila dirangkum beberapa tantangannya adalah: mampu mencapai finish dengan waktu yang telah ditentukan; mendahului mobil lain dengan jumlah tertentu pada batas waktu yang tersedia; mencapai bonus combo dengan jumlah tertentu dalam batas waktu yang ada.

Tentunya misi-misi itu tidak mudah dilewati, selain harus fokus pada pencapaian misi yang ditentukan. Saat mengemudikan motor kita harus jeli untuk menghindari tabrakan pada mobil-mobil di depan yang hilir mudik melintasi. Sekali saja motor yang kita kemudikan tertabrak, akan sangat memengaruhi keberhasilan kita menyelesaikan misi tersebut.


Gambar 2. Tampilan Depan

Fitur Game

Sebagai game balap motor, Traffic Rider memiliki fitur pendukung yang menambah daya tariknya.

  • Ada sebanyak 24 motor yang bisa kita pilih sesuai selera di menu Garage. Tiap motornya memiliki spesifikasi kemampuan masing-masing, terkait kecepatan, daya respon tarikan gas, dan kemampuan mengerem. Untuk bisa menganti pilihan jenis sepeda motor dibutuhkan sejumlah poin atau nilai uang tertentu sesuai dengan nominal harganya. Dan kita bisa mendapatkan uang atau poin tersebut dari menyelesaikan misi dan menjalani rekor debut untuk mencapai skor tertinggi di menu Endless dan Time Trial.
  • Suara motor yang dihasilkan merupakan suara asli dari hasil perekaman. Ini tentu menambah semakin nyatanya kita menikmati game balap motor seperti kenyataan.
  • Mendukung menampilakan zona suasana dari semua kondisi: Siang, Sore, dan Malam.
  • Tersedia sebanyak 42 misi tantangan yang harus kita capai menambah panjang keseruan dari tantangan yang mesti kita lalui.

Cara Bermain


Gambar 3. Tampilan Permainan

Untuk mengemudikan Traffic Rider, kita akan disuguhi dengan dua ikon utama berupa gambar stang sepeda motor pada tampilan ready layar. Ikon stang sebelah kanan gunanya untuk memberi tarikan gas, sedangkan yang sebelah kiri untuk mengerem laju kecepatan. Sementara itu untuk mengontrol arah gerak sepeda motor adalah dengan mengacu pada gerakan kita memegang smartphone tersebut. Jadi sensitifitas gerakan sepeda motor pada game dipengaruhi oleh gerakan body smarphone sebagai acuan kontrolnya.

Sambil menekan tarikan gas, cara kita memegang smartphone haruslah pada keadaan stabil, jika tidak arah sepeda motor di dalamnya akan mengikuti gerakan dari smartphone tersebut. Apabila keadaan itu tidak bisa dikontrol dengan baik maka rentanlah mengalami tabrakan. Karena itu, kombinasi yang tepat kapan waktu menarik gas dan menekan rem serta kepandaian kita mengarahkan motor untuk terhindar dari tabrakan, sangatlah membantu menyelesaikan setiap misi.

Kekurangan

Sebagai game yang telah di desain dengan sangat mapan, saya menyayangkan ketika dijalankan tampilan sepeda motornya ternyata tidak terlihat secara menyeluruh. Hanya sisi depannya saja yang kelihatan, memang karena itu kita menjadi seperti yang mengemudikan motor tersebut, tapi rasanya menjadi percuma jika telah melakukan berbagai modifikasi untuk mempercantik tampilan motornya jika pada akhirnya tidak terlihat pada saat dikemudikan di jalur lintasan.


Gambar 4. Bermain dengan latar suasana sore hari

Kekurangan lainnya menurut saya, game ini belum tersedia fasilitas multiplayer yang memungkinkan kita bermain dengan pengemudi lain secara online. Padahal jika itu ada, tentu game ini akan semakin seru dimainkan. Bukan hanya itu, di game ini kita tidak mendapati adanya tantangan lain yang melintasi jalur lintasan selain berupa mobil-mobil. Padahal kalau saja ada tambahan seperti keberadaan sepeda motor ataupun orang-orang yang tengah berjalan kaki, pasti game ini semakin tampak nyata. Namun terlepas dari kekurangan itu semua, game balap motor yang satu ini patut Anda coba.

Oleh: Roma Doni

Sumber Gambar.
Pic 1. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.skgames.trafficrider
Pic 2, 3, dan 4 : Pribadi

Related Posts :