Selasa, 03 Maret 2015

Monster Hunter Part 18 (Weapon Class 2)

2. Greatsword

Weapon Class satu ini memungkinkan hunter memakai pedang dengan ukuran besar. Secara pribadi dari penulis lebih suka memakai greatsword karena memiliki damage yang paling besar dibandingkan weapon class lainnya. Greatsword dipakai dengan kedua tangan dan sangat berat. Ketika hunter memegang pedang ini hunter tidak akan dapat berlari, jadi dengan berjalan mendekat ke arah monster. Namun hal ini dapat diatasi dengan cara berikut, hunter berlari kencang ke arah monster tanpa mengeluarkan senjata. Ketika cukup dekat segera gerakkan analog kanan pada stick ps2 dan karakter hunter akan menyerang cukup cepat ke arah depan dan usahakan mengenai monster. Kemudian hunter segera menarik senjata untuk menyimpan senjata (sheath) yang biasanya ditarik ke punggung hunter. Ulangi cara tersebut, namun tetap berhati-hati.

Kelebihan weapon class ini adalah damage yang besar dan tidak akan stagger ketika terkena angin dari kibasan sayap monster ketika terbang atau akan mendarat ke tanah. Jadi hunter dapat terus menebas monster dalam situasi ini, hal ini cukup menguntungkan karena monster membutuhkan beberapa waktu sebelum menyerang ketika akan terbang dan mendarat.

Kelemahan senjata ini adalah karena beratnya berbeda jauh dari weapon class lainnya sehingga menyebabkan karakter hunter memiliki serangan yang lambat dan juga serangan combonya sangat sedikit dan terkesan monoton. Selain itu elemen yang mungkin diperoleh sangat sedikit dibaringkan weapon class lainnya. Pada monster hunter untuk greatsword tersedia elemen fire, stun dan thunder. Namun pada monster hunter 2 dan seterusnya hal tersebut telah diperbaiki.


Gambar 1. Rathalos Set Armor And Greatsword

Senjata yang direkomendasikan pada weapon class ini ada 3, dengan pertimbangan untuk mempermudah hunter dalam memperoleh senjata bagus dan mampu menghadapi monster sekelas rathalos sebelum mampu memperoleh senjata yang lebih kuat yang membutuhkan material yang berasal dari Rathalos.

a) Great Serpentblade

Damage (624), cost (4350 gold), material yang dibutuhkan (Velocidrome Claw x4, Medium Monster Bone x2, Lightcrystal x1).
Weapon path:
Bone Blade → Bone Blade+ → Serpentblade → Vile Serpentblade → Great Serpentblade.
Senjata ini membutuhkan banyak material dari velociprey dan velocidrome jadi memperoleh material tersebut sangatlah mudah. Senjata ini dapat menghadapi monster sampai diablos jika diinginkan. Namun senjata direkomendasikan dan diimprove sebelum memperoleh senjata lainnya yang lebih kuat.

b) Siegmund

Damage (864) dengan defense +1. Cost (48000 gold). Material (Crimson Horn x2, Rathalos Shell x10, Monster Fluid x5).
Weapon path:
Bone Blade → Bone Blade+ → Agito → Agito+ → Dragon Agito → Golem Blade → Golem Blade+ → Siegmund
Bisa dikatakan sebagai greatsword terkuat untuk versi offline. Namun kelemahannya untuk memperoleh senjata ini hunter harus menyelesaikan misi sampai pada mengalahkan monoblos. Jadi membutuhkan waktu dan usaha yang sangat lama. Namun senjata ini sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.


Gambar 2. Siegmund Greatsword

c) Eager Cleaver

Damage (720), elemen thunder, cost (48000 gold), material (Machalite Ore x35, Earth Crystal x50, Electro Sac x5).
Weapon path:
Iron Sword → Iron Sword+ → Iron Katana → Iron Katana “Grave” → Iron Katana “Gospel” →Eager Cleaver.
Senjata yang sangat bagus dengan elemen petir. Sangat efektif jika melawan plesioth namun untuk monster lainnya juga cukup bagus. Kelemahan pada senjata ini adalah membutuhkan banyak sekali material sehingga sangat menyita waktu hunter. Selain itu electro sac hanya dapat diperoleh dari khezu yang dapat diperoleh dari hidden quest. Walaupun demikian senjata cukup berharga untuk dikoleksi dan juga dipakai untuk hunting para monster.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan
Sumber:
1. frontier2.wikia.com
2. www.monsterhunter.wikia.com

Related Posts :