Senin, 02 Maret 2015

Monster Hunter Part 17 (Weapon Class 1)

Permainan Monster Hunter memungkinkan gamer melawan monster dari ukuran biasa sampai raksasa dengan menggunakan berbagai macam senjata yang tersedia. Senjata yang tersedia cukup beragam sehingga memberikan pilihan yang banyak, namun pemakaian senjata tersebut lebih baik disesuaikan dengan kesukaan dan pemakaian yang paling efektif oleh gamer dalam memakai senjata. Setiap senjata dapat di upgrade menjadi senjata baru dengan bentuk dan serangan yang berbeda, pada beberapa senjata bahkan dapat memiliki tambahan elemen. Tabahan elemen yang ada pada senjata akan memberikan keuntungan bagi hunter ketika berhadapan dengan monster. Contohnya elemen poison akan menyebabkan monster keracunan dan healthnya akan berkurang terus ketika terkena. Stun akan menyebabkan monster tidak dapat bergerak beberapa saat, elemen ini memberikan peluang bagi hunter untuk menyerang tanpa khawatir diserang balik. Elemen thunder akan memberikan ekstra damage khususnya pada monster tipe air seperti plesioth. Fire memberikan efek ledakan ketika mengenai monster dan memberikan tambahan damage. Water memberikan tambahan damage pada monster tipe api seperti rathalos, basarios dan gravios. Sedangkan tipe dragon memberikan tambahan damage pada monster naga. Adapun jenis senjata tersebut adalah:

1. Sword and Shield

Dari judulnya saja kita bisa menebak bahwa senjata yang dimaksud adalah sebuah pedang dan perisai. Pedang yang dipakai biasanya berukuran kecil dengan perisai di tangan kanan. Karena ukuran senjata yang kecil memungkinkan hunter untuk menyerang dengan cepat ditambah dengan beberapa combo serangan dapat dilakukan dengan mudah. Perisai di tangan kanan memungkinkan hunter untuk menahan serangan monster ketika bertahan. Bisa dikatakan weapon class ini memiliki serangan dan bertahan yang seimbang. Namun, serangan seperti bola api akan tetap terkena damage fire-nya, walaupun hunter tidak akan terpental oleh serangan tersebut.

Salah satu kelebihan senjata ini adalah memiliki banyak pilihan dengan beragam elemen, namun bergantung kepada improvement senjata yang dipilih. Elemen yang dapat dimiliki adalah poison, stun, water, fire, thunder dan dragon (khusus online).

Kelemahan senjata ini adalah terkadang butuh grinding stone (whetstone) untuk mempertajam senjata karena sharpness senjata akan sering berkurang, kemudian ketika monster terbang hunter akan stagger sementara karena terkena angin dari kibasan sayap monster tersebut. Selain itu senjata kurang efektif jika hunter diserang secara bergerombol oleh velociprey, genprey dan loprey.

Senjata rekomendasi untuk para hunter dari weapon class ini adalah Poison Battleaxe. Karena senjata cukup kuat dan jarang mengalami decrease sharpness ketika bertarung dengan monster kecuali jika hunter ingin melawan basarios dan gravios yang memiliki kulit sekeras batu.

a) Poison Battleaxe. Weapon path: Hunter’s Knife ->Hunter’s knife+ -> Hunter’s Dagger -> Hunter’s Dagger+ -> Assasin Dagger -> Poison Dagger -> Poison Battleaxe.

Harga improvement 39900 gold. Besar damage (238), elemen poison. Material yang dibutuhkan (Medium Monster Bone x6, Rubbery Hide x4, Poison Sac x4.


Gambar 1. Poison Battleaxe

b) Blazing Falchion yang merupakan senjata terkuat dengan elemen fire. Weapon path: Bone Kris -> Bone Kris+s -> Bonepick -> Bonepick+ -> Bonespike -> Red Saber -> Red Saber+ -> Flame Falchion -> Blazing Falchion.

Biaya improve untuk membuat Blazing Falchion sebesar 41430 gold, damage (238). Material yang dibutuhkan (Rathalos Scale x6, Wyvern Marrow x3, Flame Sac x4)


Gambar 2. Rathalos Set Armor Dan Blazing Falchion

Oleh : Ahmad Azhari Pohan

Sumber:
1. www.monsterhunter.wikia.com

Related Posts :