Jumat, 02 Januari 2015

Monster Hunter Part 13 (Monster Info 9)

24. Monoblos

Monoblos merupakan monster yang dapat dihadapi dengan syarat untuk unlock questnya dengan menyelesaikan seluruh 5 star quest village. Jadi misi untuk mengalahkan monster ini berada di urgent quest dan ketika selesai mengalahkannya urgent quest ini dapat diulang terus.

Monoblos merupakan salah satu monster terbesar dan tersulit untuk dikalahkan. Monster ini hanya dapat ditemukan di desert area.

Setelah memperoleh quest ‘run away monoblos’ hunter akan langsung berada di safe point desert area. Sebelum mulai persiapkan sonic bomb, potion atau mega potion, rare steak atau well-done steak, grindstone, cool drink (optional), paintball, herb. Perbanyak membawa item penambah health dan stamina. Jangan lupa ambil map dan item lainnya dalam box berwarna biru.

Kemudian hunter segera pergi ke map area no 4. Jika tidak ada segera ke area no 10 lalu no 7. Biasanya monoblos berada di map no 10. Nanti akan muncul cut-scene, setelah itu segera hadapi monoblos dan 3 ekor apceros. Pada map no 10 terdapat dataran yang lebih tinggi. Segera naik sambil hajar monoblos dan apceros yang menyerang. Monoblos dan apceros akan menyerang menyeruduk ke arah hunter. Tapi tenang saja pada posisi ini hunter aman. Segera lempar dengan paintball dan pukul beberapa kali pada apceros dan monoblos.



Pola serangan monoblos lebih banyak pada menyeruduk dengan tanduknya, mengibaskan ekor dan masuk ke dalam tanah dan kemudian keluar sambil menyeruduk hunter dari bawah tanah. Monoblos tidak memiliki serangan seperti tembakan api atau air dari mulutnya. Walaupun demikian tetap hati-hati karena stamina monster ini sangat menakutkan. Ia akan sering menyeruduk hunter. Ketika monoblos ‘rage mode’ yang ditandai dengan pola merah di kepalanya dan mulutnya berbusa, serangan monoblos akan lebih cepat dan kuat. Persiapkan diri untuk menghindar atau menangkis serangannya. Karena damage yang terkena akan sangat menyakitkan.

Setelah di map 10. Monoblos akan pergi ke map no 4. Pada area ini hunter akan menghadapi genprey dan monoblos. Segera habisi genprey yang ada, jangan sampai terkena stun oleh genprey karena hunter akan menjadi sasaran empuk oleh monoblos. Pada area hunter tidak akan menemukan dataran yang lebih tinggi jadi bersiap-siap dikejar oleh monoblos. Cara terbaik untuk menyerangnya adalah dengan berdiri di dekat tebing gunung. Ketika monoblos menyeruduk segera menghindar. Tanduk monoblos akan tersangkut dan memberikan waktu pada hunter untuk menyerang. Lebih baik serang pada bagian pangkal ekor karena pada bagian tersebut yang paling lemah. Ulangi taktik tersebut sampai ekor monoblos terputus.

Setelah menerima banyak damage monoblos akan pergi ke map no 1. Jika ekor monoblos terputus carved dahulu. Ekor monoblos dapat di carved 2 kali. Setelah itu pindah di map no 1. Pada map ini segera lari ke pojok kiri dari pintu yang mengarah ke safe point. Di situ terdapat sedikit gundukan yang dapat dipakai hunter untuk menghindari serudukan monoblos. Ketika monoblos menyeruduk dan tanduknya tersangkut hunter segera turun dan serang bagian pangkal ekor monoblos. Kemudian naik lagi dan ulangi hal yang sama. Jika hal ini terus dilakukan maka tak lama monoblos akan mati.

Atau dengan cara lain, ketika tanduk monoblos tersangkut tetap berada di gundukan dan serang bagian kepala monoblos. Memang serangan yang dilancarkan akan terpental bahkan dengan ‘siegmund’ tetap akan terpental. Terus ulangi sampai tanduk monoblos patah. Jika patah pada akhir quest hunter akan memperoleh ‘crimson horn’ yang dapat dipakai untuk upgrade weapon dan armor. Pada saat monoblos masuk ke dalam tanah segera lempar dengan sonic bomb, monoblos akan keluar dan tersangkut di tanah. Segera hajar, ulangi taktik yang ada namun disesuaikan dengan keadaan map. Jika hal ini terus dilakukan maka monoblos akan dapat dikalahkan.

(Carved: 4 (body), 2 (tail)). Item yang diperoleh:
Body= Monoblos Spine (40%), Monoblos Shell (39%), Blos Fang (20%), Monoblos Heart (1%)
Tail= Monoblos Shell (30%), Large Monster Bone (15%).

Monoblos heart merupakan item yang tersulit untuk ditemukan pada game ini. Sampai saat ini mungkin hanya beberapa gamer saja yang berhasil memperoleh item ini pada serial monster hunter 1. Monoblos heart dibutuhkan untuk upgrade weapon hero’s blade yang data diperoleh dengan menarik pedang tersebut dari baru di belakang rumah setelah menyelesaikan misi slay a rathalos. Pada bonus item nanti gamer akan memperoleh crimson horn jika berhasil menghancurkan tanduk monoblos.



Oleh : Ahmad Azhari Pohan
Sumber gambar:
(Desert area) monsterhunter.wikia.com
(Monoblos-rage mode) monstehunter.wikia.com

Related Posts :