Rabu, 29 Oktober 2014

Monster Hunter

Monster hunter merupakan game besutan Capcom yang dimulai dipasarkan untuk konsol Playstation 2. Game epik dengan tampilan grafis yang cukup canggih pada masanya ini dapat menarik perhatian para gamer untuk memainkannya. Sesuai dengan judulnya gameplay game ini memiliki quest atau misi yang berhubungan dengan monster. Monster-monster yang tersedia cukup beragam, mulai dari kepiting, sejenis burung, naga (wyvern), babi hutan, dll. Bagi para gamer sistem level merupakan hal yang biasa ditemukan sehingga memungkinkan suatu karakter menjadi lebih kuat dan bisa mengalahkan musuh atau monster lebih mudah. Namun, dalam game ini sistem level up ‘TIDAK ADA’. Jadi skill gamer benar-benar diuji untuk game ini. Selain itu game ini dapat terhubung secara online dengan PS 2 yang kamu miliki. Namun, untuk Indonesia hal ini tidak mudah dilakukan, jadi mungkin hanya beberapa orang di Indonesia yang dapat menikmati layanan online game ini.

Walaupun tidak menerapkan sistem level game ini memungkinkan untuk upgrade weapon dan armor. Setiap armor dan weapon yang akan di upgrade membutuhkan material yang hanya didapat dari monster atau dari lingkungan di dalam game. Ketika upgrade berhasil maka bentuk senjata yang dimiliki akan berubah dan juga damage yang dihasilkan akan bertambah. Menarik bukan!!!



Gameplay:

Awal permainan dimulai dengan membuat karakter yang diinginkan. Terdapat karakter wanita dan laki-laki yang dapat dipilih oleh gamer. Jadi tinggal menyesuaikan keinginan masing-masing. Kemudian diikuti dengan memilih bentuk wajah, gaya rambut, bahkan suara sesuai dengan selera gamer. Pada Monster Hunter 1 di konsol Playstation 2, setelah membuat karakter game akan berlanjut dengan pengenalan desa tempat karakter berada. Sebenarnya terdapat dua pilihan ‘TO TOWN’ atau ‘TO VILLAGE’. Jika menuju town maka kita perlu koneksi internet dan hal ini penulis juga tidak mengerti caranya. Jadi pilihan lainnya menuju village untuk bermain secara offline. Namun, serunya bermain game Monster Hunter ini tetap dapat dirasakan apalagi harus mengalahkan monster-monster dengan ukuran raksasa “SENDIRIAN”.



Desa Kokoto merupakan desa yang akan ditempati setiap gamer ketika bermain mode offline. Jangan berharap gamer akan langsung memperoleh senjata bagus dengan damage besar pada awal permainan. Gamer hanya akan dibekali uang sebesar 1500 G, tanpa armor dan hanya senjata dasar. Uang hanya bisa diperoleh dengan berbicara terlebih dahulu dengan chief desa Kokoto pada awal permainan. Chief ini sekaligus yang memberikan quest kepada gamer dan harus diselesaikan jika ingin melawan monster yang lebih kuat. Uang sebesar 1500 G terhitung sangat sedikit dan memaksa gamer untuk memakainya dengan bijak. Lebih baik membeli leather armor daripada senjata dengan uang 1500 G tersebut.



Quest yang tersedia terdiri dari level 1-5. Setelah melewati satu level quest yang terdiri 5-7 quest, gamer harus menyelesaikan misi rahasia (urgent quest) untuk unlock quest level berikutnya. Semakin tinggi quest maka tingkat kesulitan akan semakin tinggi dan para gamer akan menghadapi monster-monster yang lebih kuat. Jangan lupa untuk membaca info quest terlebih dahulu karena terdapat beberapa quest untuk menangkap monster dan bukan membunuhnya. Namun cara melemahkan monster hanya dengan menyerangnya cukup banyak. Tetapi gamer harus hati-hati jika monsternya mati maka quest gagal dan gamer akan kehilangan uang dan waktu ketika berusaha menyelesaikan misi ini. Misi menangkap monster (capture) hanya ada pada misi level 4 dan 5. Jadi misi ini termasuk sulit. Setiap monster yang dikalahkan biasanya dapat di- carved atau memotong bagian tubuh monster yang kemudian menjadi material untuk armor dan upgrade weapon. Biasanya untuk carving setiap monster paling banyak 4 kali, dan ini hanya berlaku untuk monster dengan ukuran besar. Rathalos sendiri hanya bisa 3 kali dan material yang diperoleh beragam. Jadi untuk gamer yang membutuhkan material dari satu monster dalam jumlah banyak tidak perlu khawatir karena setiap misi dapat diulang sebanyak yang diinginkan.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan
Sumber gambar:
monsterhunter.wikia.com (gambar 1 dan 3)
fabula-chrystalist1078.blogspot.com (gambar 2)

Related Posts :