Selasa, 12 Agustus 2014

Serba-Serbi Game Online (2) – Paling Fenomenal

Perkembangan game online tentu tidak lepas dari perkembangan komputer dan juga jaringan komputer. Sejak muncul pertama kali di tahun 1969, komputer hanya bisa dipakai bermain game untuk 2 orang saja. Pada tahun 1970, terjadi perkembangan jaringan komputer yang mencakup internet sehingga dimulailah juga kemunculan dari game online itu sendiri. Sekian lama perjalanan dan perkembangan game online, tentunya memberikan pengalaman bagi para gamer terhadap beberapa game yang sangat khas karena memiliki hal-hal khusus yang mudah untuk dikenali. Berikut beberapa game online paling fenomenal yang pernah ada sampai saat ini:

1. Super Mario Bros



Game Super Mario Bros merupakan sekuel dari Mario Bros yang dibuat oleh Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka. Nintendo merilis game ini pertama kali di Jepang pada tahun 1985 kemudian menyusul di Amerika, serta Eropa dan Australia pada tahun 1987. Game ini sangat laris dan fenomenal dengan penjualan lebih dari 40 juta salinan hingga saat ini. Pada tahun 2005, polling IGN menobatkan game ini sebagai The Greatest Game of All Time.

Dalam game ini, gamer akan berperan sebagai Mario atau Luigi, kakak beradik dengan baju overall dan kumis yang khas. Tujuan game ini adalah menjelajahi Kerajaan Jamur, melawan dan menghancurkan prajurit Browser, serta menyelamatkan Putri Toadstool. Selama dalam permainan, Mario dapat mengumpulkan koin dan bonus lain, seperti jamur berwarna merah atau bunga berapi untuk menambah kekuatan yang tersembunyi dalam batu bata.

Dengan karakter yang unik, latar permainan cerah, suguhan tingkat yang berbeda di tiap level, dan alur cerita yang berkembang, membuat game ini menjadi salah satu standar bagi game rumahan lainnya.

2. Pac-Man



Pac-Man dirancang oleh Toru Iwatani dan dikembangkan oleh Namco. Game ini pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1980 kemudian oleh Midway didistribusikan di Amerika Serikat. Game ini fenomenal karena sangat populer bahkan menjadi salah satu ikon di tahun 1980-an. Tidak hanya dalam sebuah game, Pac-Man juga hadir dalam bentuk suvenir, seri animasi di televisi, bahkan masuk ke dalam peringkat 10 single terlaris. Selain itu, Pac-Man merupakan salah satu game yang menghasilkan penjualan tertinggi, yaitu lebih dari 2,5 juta dolar di tahun 1990. Karakter Pac-Man juga menjadi bagian koleksi di Museum of Modern Art, New York serta Smithsonian Institution di Washington.

Dalam game ini, gamer mengendalikan Pac-Man, karakter berwarna kuning, untuk menyusuri lorong berliku dan ‘memakan’ titik-titik kecil serta benda khusus lainnya (biasanya berupa buah-buahan). Pada saat yang sama, gamer juga harus berhati-hati terhadap 4 hantu, yaitu Blinky, Pinky, Inky, dan Clyde, yang akan mengganggu dan berusaha memakan Pac-Man. Satu level game selesai ketika Pac-Man berhasil memakan semua titik dan benda khusus yang ada.

3. The Sims



The Sims adalah game simulasi kehidupan yang dikembangkan oleh EA. Maxis dan dipublikasikan oleh Electronic Arts. Game ini fenomenal karena sekuel dan ekspansi gamenya telah terjual sebanyak 100 juta kopi dengan total pemasukan 2,5 miliar US dolar. Di dalam game ini, para gamer menciptakan karakter manusia dan melakukan simulasi kegiatan sehari-hari dari satu orang atau lebih yang tinggal di sebuah daerah pinggiran kota bernama SimCity. Saat ini, game The Sims sudah memasuki seri keempat. Selain itu, tersedia juga berbagai jenis sekuel game dari permainan ini.

4. Ragnarok Online (RO)



Ragnarok Online adalah sebuah Massively Multiplayer Online Role Playing Game dari Korea Selatan. Game ini dibuat berdasarkan cerita komik Ragnarok karya Lee Myoung Jin. Sejak dirilis di Korea Selatan pada tahun 2002 untuk Microsoft Windows dan diikuti oleh berbagai daerah di dunia, game ini menjadi favorit dan dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Di dalam game, para gamer memilih karakter tertentu dan menjadi warga suatu negara di dua benua besar. Tugas gamer adalah mengalahkan monster yang mengganggu mereka. Para gamer dapat saling berinteraksi melalui karakter mereka di dalam game ini.

5. Angry Birds



Pada awalnya, Angry Birds adalah video game franchise yang diciptakan oleh Rovio Entertainment. Sosok Angry Birds sendiri terinspirasi dari sebuah gambar sketsa burung tanpa sayap yang lucu. Pada tahun 2010, game ini telah diunduh 12 juta kali sehingga perusahaan pemilik memutuskan untuk mulai menciptakan versi lain yang dapat dimainkan di android, symbian, dan windows phone. Game ini sangat populer karena memiliki perpaduan yang apik, yaitu murah, lucu, dan adiktif. Sampai saat ini, tercatat 2 miliar pengguna telah mengunduhnya.

Dalam Angry Birds, para gamer akan mengendalikan sekawanan burung warna-warni yang berusaha mengambil kembali telur mereka yang telah dicuri oleh babi jahat. Menggunakan ketapel, gamer meluncurkan para burung agar mengenai struktur pelindung yang ada di sekeliling babi atau secara langsung menghancurkan babi tersebut. Satu level permainan selesai ketika semua babi sudah dikalahkan.

Oleh : Ayu Teresia

Sumber Artikel:
Wulandari, Ari. 2013. Kisah 1001 Game/Permainan Paling Seru di Dunia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
http://id.wikipedia.org/wiki/

Sumber Gambar:
http://www.dan-dare.org/Dan%20Mario/NewSuperMarioBrosWallpaper1024.jpg
http://www.thepinballcompany.com/images/products/detail/PacManStandupArcadeGameSS1.2.jpg
http://topgamewallpapers.com/wp-content/uploads/2014/06/the-sims-4-25914-1920x1080.jpg
http://www.cafecomgames.com/wp-content/uploads/2013/05/Ragnarok-Online-2-Legend-of-the-Second-.jpg
https://lh3.ggpht.com/nt7lisvneE-S-W1SP8hjfLD-JVrX_cuWLJaT2eKKn4LmvpzscqwXS1vnl_GSN95JCm2P=h900

Related Posts :