Selasa, 08 Juli 2014

Megaman & Bass – (Part 1)


Megaman & Bass. Sumber : Dokumen Pribadi

Saya yakin para gamers di sini pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu tokoh game yang terkenal. Ya, dialah Megaman. Game keluaran dari Capcom ini sudah cukup terkenal dan sudah memiliki banyak series game nya. Mulai dari MegamanX, Megaman Battle Network, dan masih banyak lagi. Tentunya para pecinta Megaman juga tidak akan ketinggalan setiap series dari Capcom ini. Megaman & Bass hadir dalam gameboy advance emulator.

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang salah satu series Megaman yaitu Megaman & Bass. Megaman tentu tidak terdengar asing lagi, tetapi Bass? Siapakah Bass? Apakah dia termasuk tokoh protagonis atau antagonis? Bagi semua Megaman lovers tentu sudah tahu bukan? Tetapi saya tetap akan membahasnya barangkali ada yang belum mengenal siapakah Bass? Bass merupakan rival dari Megaman. Bass sendiri termasuk dalam tokoh antagonis. Bass merupakan robot ciptaan dari Dr. Wily dengan meniru struktur dan desain Megaman. Yang tertanam di benak Bass yaitu semata-mata kekuatan. Tujuannya adalah menjadi ciptaan robot yang terkuat di dunia. Bass sendiri kadang melawan penciptanya dan turut pada kemauannya sendiri. Meskipun Megaman adalah rivalnya Bass, tetapi kadang di beberapa seri Megaman, Bass bekerja sama dengan Megaman dalam melawan musuh. Bukan berarti Bass benar-benar ingin membantu Megaman, dia semata-mata ingin menunjukkan kalau dialah robot ciptaan yang terkuat. Kira-kira seperti itulah kisah dari Bass.

Pada seri Megaman & Bass ini kita dapat memakai Megaman ataupun Bass sebagai player tetapi masing-masing juga ada kelebihan dan kelemahannya (akan dibahas kemudian). Masing-masing tokoh mempunyai jalan cerita yang berbeda dan motivasi yang berbeda tetapi sama-sama punya satu tujuan yaitu mengalahkan musuh terbaru mereka.

  • Megaman. Menceritakan seorang penjahat yang memaksa masuk ke sebuah museum robot untuk mendapatkan data-data robot ciptaan Dr. Light. Penjahat tersebut bernama King. King sendiri adalah ciptaan dari Dr. Wily. Dr. Light menyuruh Megaman untuk mengambil kembali data-data tersebut.

  • Bass. Mendengar peristiwa pencurian di museum robot, Bass segera pergi untuk mengalahkan mereka dan membuktikan bahwa dialah robot terkuat. Bertemulah dia dengan King. King menceritakan bahwa dia ingin menciptakan sebuah dunia di mana robot-robotlah yang berkuasa. Pada akhir cerita ketika melawan Dr. Wily barulah diketahui bahwa King bukanlah musuh Bass. Dr. Wily menciptakan King untuk mengetes kemampuan dan kekuatan Bass. Rencana Dr. Wily yaitu untuk menciptakan sebuah robot yang dapat mengimbangi Bass dan berharap kedua robot ciptaannya itu dapat menjadi robot yang tidak terkalahkan. Pada saat-saat terakhir, Proto Man muncul. Proto Man berkata kepada Bass bahwa dia tidak dapat mengalahkan Megaman. Megaman punya tujuan bertarung yang benar sedangkan Bass bertarung karena hanya ingin menunjukkan kehebatan dirinya saja.

Oleh : Stevanus

Related Posts :