Selasa, 01 Juli 2014

GunForce II


GunForce II. Sumber : Dokumen Pribadi

Setelah kehadiran GunForce : Battle Fire Engulfed Terror Island, Irem kembali memproduksi sekuelnya yang kedua, GunForce II. Pada sekuelnya yang kedua ini ceritanya jauh berbeda dari yang pertama. Pada GunForce yang pertama menceritakan seorang tentara yang dikirim ke wilayah musuh untuk menyelamatkan Mother Earth, sedangkan yang kedua menceritakan seorang pemuda yang ingin menyelamatkan para wanita yang disandera oleh alien. Semua musuh pada GunForce II berwujud alien berbeda dari yang pertama yang semuanya terbuat dari mesin. Yang membuat GunForce II lebih disukai para arcade gamers yaitu pada efeknya yang dibuat lebih menegangkan dan pastinya jauh lebih seru dari GunForce yang pertama.

GamePlay

Bertema shooting arcade game dengan total 5 stage dan 5 stage boss, player pada GunForce II memakai 2 senjata sekaligus yang merupakan senjata basic miliknya. Sama dengan GunForce yang pertama, kelemahannya adalah pada kecepatan tembakannya. Tetapi GunForce II tetap menyediakan power up senjata bagi playernya. Yang membuat berbeda yaitu power up nya yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Mungkin Irem sengaja menambahkan power up yang lebih kuat dikarenakan musuh yang dihadapi juga sangat kuat. Berikut ini merupakan macam-macam power up yang disediakan :

  • Pow (Menembakkan secara cepat dengan amunisi yang terbatas)
  • Boost (Menembakkan sangat cepat dengan amunisi yang tentunya lebih besar)
  • Fire ( Menyemburkan api secara terus menerus)
  • Spread ( Menembakkan sebuah roket asap berwarna hijau yang sangat kuat dan cocok untuk digunakan melawan stage boss)
  • Laser (Sebuah laser yang ditembakkan secara bersambung terus menerus dengan mengurangi amunisi sedikit saja sehingga cocok untuk digunakan melawan musuh biasa)


Power Up, POW. Sumber : Dokumen Pribadi

Selain itu, sama dengan seri pertamanya, GunForce II juga menyediakan berbagai macam mesin yang memudahkan kita untuk melawan musuh. Kebanyakan berbentuk sebuah robot dan ada juga yang mirip dengan robot Gundam (salah satu anime Jepang yang terkenal). Ada juga disediakan mesin yang sama dengan seri pertamanya yaitu tank.

Kelemahan dari mesin yang kita pakai tidak tergantung dari seberapa sering terkena serangan musuh. Meskipun tidak terkena serangan sedikitpun, mesin yang kita pakai akan hancur dengan sendirinya di saat tertentu terutama menjelang akhir setiap stage.


Robot di GunForce II. Sumber : Dokumen Pribadi

Game ini juga menyediakan sebuah sistem berpangkat di mana jika kita bisa menolong setiap wanita yang disandera di setiap stage atau mendapatkan medali-medali dari musuh yang kita kalahkan, maka kita akan terus naik dan naik sampai pada pangkat yang tertinggi. Berikut ini pangkat-pangkat yang tersedia di GunForce II. :


Pangkat yang disediakan. Sumber : Dokumen Pribadi

Ada Private, Sergent, Captain, Major, Colonel, General, dan Marchal yang merupakan pangkat tertinggi. Pangkat Marchal hanya mungkin didapatkan pada stage terakhir karena musuh yang dihadapi akan sangat banyak sehingga kemungkinan mendapatkan medali sangat besar pula.

Oleh : Stevanus

Related Posts :