Senin, 30 Juni 2014

GunForce : Battle Fire Engulfed Terror Island


GunForce. Sumber : Dokumen Pribadi

Salah satu game dari MAME emulator (Multiple Arcade Machine Emulator) yang diproduksi Irem dan bergenre shooting game ternyata cukup menarik bagi para pecinta arcade gamers. Dengan tema dan gameplay yang cukup memuaskan tentu tidak akan mengecewakan para arcade gamers sejati.

Mengambil tema tentang bumi yang telah dikuasai musuh yang mengancam keselamatan Mother Earth. Kita sebagai player mendarat di daerah berbahaya musuh untuk mengalahkan mereka.

Gameplay

Kita sebagai player yang berperan sebagai seorang tentara dengan menggunakan sebuah senjata basic (dasar) yang dapat menembakkan peluru terus menerus (tidak dibatasi amunisinya). Meskipun diberikan kemudahan dalam bentuk amunisi yang tidak terbatas, musuh akan datang terus menerus walaupun kita sudah menembaki musuh sebelumnya.


Player memakai senjata basic. Sumber : Dokumen Pribadi

Selain itu, pemberian amunisi yang tidak terbatas karena memakai senjata basic (dasar), kelemahannya adalah pada kecepatan peluru yang ditembakkan. Peluru yang ditembakkan sangat lambat sehingga bila menghadapi setiap boss stage sangatlah tidak efektif. Oleh karena itu dalam game ini disajikan beberapa power up tambahan untuk senjata kita. Power up dapat didapatkan dari musuh-musuh yang mempunyai kostum berbeda dari yang biasa. Tetapi kelemahannya adalah amunisi yang diberikan terbatas, jadi jika amunisinya habis maka akan kembali ke senjata basic. Berikut ini macam-macam power up yang tersedia :

  • Auto ( dapat menembakkan peluru secara cepat dan disarankan untuk menggunakan power up ini untuk melawan setiap stage boss).
  • Baz ( dapat menembakkan sebuah bola angin yang kuat tetapi kelemahannya yaitu lambat dalam menembak).
  • F.T ( dapat mengeluarkan semburan api yang cukup besar dan sangat disarankan untuk menggunakan power up ini dalam melawan stage boss).
  • Laser (dapat menembakkan laser dan final boss juga menggunakan power up ini untuk melawan kita).


Salah satu power up, BAZ. Sumber : Dokumen Pribadi

Selain itu dalam game ini juga disediakan berbagai macam mesin untuk berperang kepada player. Tetapi dalam penggunaannya juga harus berhati-hati karena jika terkena serangan musuh terus menerus, kendaraan kita akan hancur. Macam-macam mesin yang disediakan yaitu mobil bersenjata, helikopter, tank, robot dan lain-lain. Memakai tank sangat efektif dalam menghadapi musuh karena dapat menembakkan sebuah ledakan besar yang akan membuat semua musuh yang tampak di layar musnah. Bagi gamers yang membutuhkan mesin berperang yang bertahan lama disarankan memakai robot.


Mesin berperang terbaik, Tank. Sumber : Dokumen Pribadi

Ada 6 stage yang disediakan dalam game ini dan masing-masing juga ada stage boss nya. Boss yang akan kita hadapi pun semuanya terbuat dari mesin kecuali final boss yang berbentuk seperti monster. Menghadapi final boss sangatlah menjengkelkan jika tidak mempunyai power up karena monster tersebut akan mengeluarkan anak buahnya yang semuanya menembakkan laser dan jumlahnya yang sangat banyak. Caranya yaitu terlebih dahulu menghancurkan alat yang memunculkan anak buahnya (dapat dilihat pada gambar di bawah) , setelah itu kita akan lebih leluasa menghadapi final boss.


Final Boss dengan anak buahnya. Sumber : Dokumen Pribadi

Oleh : Stevanus

Related Posts :