Sabtu, 01 Maret 2014

RISE OF NATIONS

Rise of nations adalah game strategi keluaran Microsoft. Game ini mirip dengan kebanyakan game strategi lainnya, hanya saja memiliki grafik yang lebih bagus, serta lebih mendetail, dan cenderung mirip dengan dunia kita. Misal suku-suku yang banyak dan benar-benar ada, lalu pemerintahan, perang nuklir, perang dingin, sampai-sampai perang masa lampau seperti romawi kuno atau alexander yang agung-Pun ada di game ini.

Bangunannya pun sangat mirip dan sesuai dengan karakter masing-masing suku. Serta bangunan-bangunan agung yang terdapat dalam game ini pun benar-benar ada. Seperti Colosseum, Pyramid, Colossus, patung seribu tentara di China, Kuil untuk persembahan dari bangsa Aztec, patung Liberty, menara Eifel, sampai roket Apollo pun ada di game ini, dari lampau hingga masa kini. Disetiap zaman pun kita dapat meng-upgrade 4 bagian, yaitu militer, pemerintahan, perekonomian, dan ilmu pengetahuan. Dan setelah 8 zaman telah ter-upgrade, dimana teknologi sudah sangat maju, kita dapat mengupgrade 4 bagian terakhir, yaitu bagian pemerintahan, militer, anti nuklir, serta pemasaran.

Bangsa yang dipilih diambil dari seluruh dunia, seperti Aztec dan Inca dari Amerika latin. Indian dari Amerika utara, Aborigin dari Australia, Mongol, Chinese, Japanese, dan Korean dari Asia. Dari suku Afrika terdapat suku Bantu serta dari eropa terdapat France, British, Dutch (Netherland), Germany, dan Spain. Struktur bangunan pun sangat mirip dengan tipe-tipe bangunan dari masing-masing negara.

Bangunan-bangunan yang terdapat dalam game ini adalah bangunan militer seperti, Barrack tentara jarak jauh (pistol atau unit lempar lainnya), pemanah, dan prajurit jarak dekat. Dizaman terakhir para pemanah menggunakan senjata Bren. Lalu Stable, atau tempat kuda seperti kuda pemanah dan kuda jarak dekat. Dizaman terakhir tempat kuda ini diganti menjadi tempat pembuatan tank. Dan siege factory tempat membuat unit-unit penghancur bangunan yang menggunakan meriam, hingga dizaman terakhir menggunakan rocket launcher. lalu tempat pembuatan pesawat terbang, mulai dari pesawat zaman dahulu hingga pesawat siluman yang tidak menghasilkan bunyi serta tidak dapat dilacak radar. Adapun tempat pembuatan nuklir, dari mulai bom ecek-ecek dengan ledakan kecil. Hingga bom roket dengan daya hancur dan akurasi yang tinggi sampai nuklir ICBM dengan daya hancur 1 kota dalam game tersebut.

Unit pasukannya pun sangat mirip dengan aslinya. Misal, bangsa mongol sangatlah unggul dalam pasukan berkuda. Lalu bangsa korean unggul dalam pemanah, russia unggul dalam nuklir dan chinese unggul dalam jumlah pekerja atau manusia. Bangunan-bangunan agung pun hanya dapat dibangun berdasarkan zaman. Misalnya Pyramid dan colossus dapat dibangun di zaman pertama, lalu colosseum di zaman berikut-nya, hingga rocket Apollo dan Supercolider baru dapat dibangun di zaman terakhir.

Demikian yang saya ketahui tentang game ini, semoga dapat berguna untuk anda semua. Terimakasih telah menyempatkan membaca tulisan saya.

Berikut beberapa screenshots rise of nations:
grafik dari rise of nations keren banget loh!












Oleh: Muhammad Jundi Robbani

Related Posts :