Minggu, 02 Maret 2014

Rift Online II

Combat & Gameplay

Sistem pertempuran yang cepat dan dinamis juga menjadi faktor yang menonjol dalam Rift, bahkan sebagai caster maupun healer class, kamu tidak akan diam saja dan hanya menembakkan sihir, tetapi akan harus selalu bergerak mencari ruang ataupun menghindari musuh. Berbeda dengan combat, quest dalam Rift terasa sangat tradisional dan standar, membunuh X sebanyak Y kali, mengumpulkan item X dari monster Y sebanyak Z, dan seterusnya. Saya tidak pernah merasa perlu membaca teks quest untuk dapat menyelesaikannya, saya juga tidak terlalu perduli apa yang saya lakukan ini akan menimbulkan efek, berbeda dengan quest interaktif serta sistem phasing pada WoW khususnya di expansion Cataclysm yang terbaru dimana quest terasa seru dan menyenangkan untuk dilakukan bahkan pada level-level awal.

Namun selain quest standar, RIFT memiliki yang dinamakan Public Quest, sebuah sistem quest untuk semua pemain di daerah tersebut dan langsung memberikan hadiah saat public quest itu selesai, sistem ini diperkenalkan pertama kali oleh Mythic Entertainment dalam Warhammer Online. Dalam RIFT, public quest ini dijadikan lebih mudah untuk dilakukan sehingga tidak memerlukan banyak anggota untuk diselesaikan dan relatif lebih cepat, serta pembagian hadiah juga bukan lagi berupa sistem rolling yang rumit melainkan langsung menggunakan mata uang yang dapat dikumpulkan kemudian ditukar armor atau senjata.



Conclusion

Diluar aspek grafik, class, dan combat. RIFT adalah sebuah MMORPG standar yang mungkin sudah kamu mainkan sebelumnya, melakukan quest, mengumpulkan gold, mencari equipment baru, dan lain-lain. Meskipun tidak ada fitur inovasi baru di sini, RIFT menawarkan semuanya dengan sempurna, masalah seperti unbalanced class dapat diperbaiki melalui patch terbaru, lagipula saat ini masih pada masa Open Beta yang tentunya akan terus berubah. Secara dasar, RIFT memiliki segalanya, bahkan beberapa fitur yang belum saya sentuh pada masa open beta kemarin seperti crafting, city raid pvp, raid boss, dan banyak lagi. Jika Trion Worlds tetap pada jalurnya yaitu menggunakan fitur-fitur yang terbukti berhasil kemudian mengembangkannya menjadi lebih baik lagi daripada mencoba menciptakan suatu fitur original yang revolusioner namun belum tentu akan disukai para pemainnya, RIFT akan menjadi salah satu MMORPG terbaik tahun ini, dan mungkin akan bisa bertahan di tahun-tahun berikutnya.



Play the Game

Jika ada dari kamu yang berminat untuk bermain RIFT, harus rela mengeluarkan kocek sedikitnya $49.99 untuk membeli standard edition dan $59.99 untuk collector edition di halaman ini https://www.riftgame.com/en/products/index.php, serta biaya perbulannya sebesar $14.99. Untuk pilihan server kamu dapat bermain di server Briarcliff karena dipilih sebagai unofficial server SEA dan para pemain Indonesia yang sudah dipastikan main akan berada

Oleh : Muhammad Jundi Robbani

Related Posts :