Minggu, 02 Maret 2014

Rift Online I



MMORPG PAYMENT : Pay to Play

The Good
  • Tampilan grafis, efek suara, dan musik yang sangat memukau.
  • Combat sistem yang nyaman dimainkan, tidak terlalu lambat, tidak terlalu cepat.
  • Jalan cerita yang unik dan cukup menarik untuk diikuti.
  • Variasi class yang sampai mengkombinasikan 3 souls.
  • leksibilitas peran setiap karakter yang bervariasi dengan kemampuan memiliki 4 specs sekaligus.
  • Menampilkan fitur-fitur unik pada MMORPG lain dengan implementasi yang lebih baik.
  • PvP Scenario/Battleground yang seru.
  • Client game berjalan relatif stabil.


The Bad
  • Terlalu "WoW Clone".
  • Kebanyakan quest masih tradisional.
  • Karena terlalu banyak variasi, beberapa class akan terasa sangat lemah dan beberapa akan dianggap terlalu kuat.
  • Tidak ada inovasi fitur baru yang bisa dikatakan revolusioner.


Introduction

Dunia diambang kehancuran (apocalypse), dua faksi Guardians dan Defiants memiliki pandangan dan solusi yang berbeda untuk menyelamatkan umat manusia. Menjadi takdirmu untuk membawa faksi pilihanmu menuju kemenangan sekaligus menjadi sang penyelamat dunia.

RIFT, sebuah MMORPG baru yang akan hadir di tengah-tengah pasar yang saat ini sedang didominasi oleh World of Warcraft. GameQQ mencobanya dalam masa Open Beta kemarin selama beberapa hari dan akan rilis bulan depan. Game ini menarik banyak perhatian karena daripada mencoba membuat sesuatu yang baru, Trion Worlds sebagai developernya lebih mengambil jalan aman dimana menghadirkan fitur-fitur yang sudah terbukti disukai dari game lain khususnya sentuhan World of Warcraft dan Warhammer Online sangat terasa di sini, sebut saja bagaimana interface dan susunan Rift dibuat sama persis dengan WoW, kemudian adanya Public Quest dan City Raid PvP yang merupakan ciri khas dari Warhammer Online. Meskipun hal tersebut bisa merupakan sesuatu yang positif karena para pemain MMORPG sebelumnya akan langsung merasa nyaman memainkan game ini.

Graphics

Grafis Rift adalah salah satu faktor utama yang membedakannya dengan game lain sejenisnya, dengan art style yang unik ditampilkan menggunakan Gamebryo Engine yang dimodifikasi menjadikan karakter dan dunia Rift menjadi cukup hidup, apalagi jika menggunakan settingan paling tinggi dan resolusi Full HD (1920x1080). Meskipun begitu, jika harus dibandingkan, kualitas dan detail grafis Final Fantasy XIV masih yang terbaik untuk ukuran game online saat ini.



Music & Sound Effect

Kualitas dari iringan musik dan efek suara Rift juga tidak bisa dianggap remeh karena sebagai sebuah game online, kedua aspek ini banyak tidak begitu diperhatikan oleh developer, namun Trion Worlds terbukti memberikan usaha yang cukup besar untuk menghasilkan musik dan efek suara yang luar biasa. Efek benturan pedang dan palu, efek kobaran api ketika melempar bola api ke musuh, semuanya menjadikan pertarungan di Rift terasa lebih realistis.



Classes & Souls

Salah satu contoh dimana Rift menggunakan formula lama tetapi dengan peningkatan yang unik dan berani adalah Class System nya. Pemain dihadapkan pada pilihan class RPG standar — Warrior, Mage, Rogue, dan Cleric, namun itu hanya luarnya saja. Setiap class memiliki delapan (ya delapan) "souls" yang berbeda, katakanlah ini adalah Skill/Talent Tree dalam WoW. Setiap karakter dapat memilih kombinasi tiga soul, untuk Open Beta kemarin saya memilih class Warrior dengan kombinasi soul Riftblade(Battle Mage)/Paragon(Dual Sword)/Beastmaster(Pet) yang menjadikan karakter saya bertarung dengan melempar bola api melalui pedang di kedua tangannya serta memiliki seekor singa sebagai teman bertarung... keren kan!? =D



Banyaknya pilihan kombinasi class dan soul menjadikan game ini sangat dinamis, namun kedinamisan bukan berarti tanpa kekurangan, hasilnya adalah beberapa kombinasi menjadi terlalu kuat dan lainnya terlalu lemah dan membosankan, sehingga pada akhirnya pilihan kombinasi soul yang akan dipilih oleh para pemain menjadi cenderung seragam. Tentu saja Riftblade adalah salah class yang saat ini dianggap terlalu imba atau OP, dan memang menjadi class yang paling umum ditemukan pada Open Beta khususnya di PvP server.

Oleh : Muhammad Jundi Robbani

Related Posts :