Senin, 03 Maret 2014

Prototype 2

Bermain menjadi manusia mutan



Prototype 2 merupakan game yang dibuat oleh Radical Entertaiment yang merupakan sekuel dari Prototype. Prototype 2 menceritakan tentang James Heller, seorang tentara yang kehilangan anak dan istrinya dalam peperangan melawan virus yang dapat mengubah manusia menjadi mutan. Pada game pertama, Alex Mercer, sang protagonist berhasil mengisolasi virus tersebut, tetapi ternyata tujuannya berubah, yaitu menyebarluaskan virus ini. James menuntut balas dendam kepada Alex karena sidah membunuh anak dan istrinya, tetapi ia malah mendapatkan virus yang sama dan dirinya berubah menjadi mutan dari Alex. Alex membiarkan James hidup, lalu secara tiba-tiba, James mendapatkan kekuatan yang sama seperti Alex. Ia menjadi lebih cepat, lebih kuat, bahkan dapat merubah tangannya menjadi cakar atau cambuk. Peluru pun tidak memberikan efek mematikan baginya.

James yang sudah bertekad ingin mengejar Alex dibantu oleh orang terdekatnya, Father Guerra. Father Guerra adalah seorang pastur di gereja yang sudah lama berdiri di Manhattan, sekaligus seorang informan. Ia membantu Heller untuk mencarikan orang-orang penting dan mencegah rencana Alex berjalan sesuai rencananya.

Tentu saja dalam sepak terjang James untuk mencari tahu keberadaan Alex, ia dihalangi oleh berbagai macam rintangan. Salah satunya adalah Blackwatch, tentara khusus untuk mengatasi manusia-manusia mutan. Blackwatch dikomando oleh Colonel Rooks, yang berusaha membunuh James dimanapun ia berada.


Salah satu area New York yang dapat dijelajahi

Gameplay pada Prototype 2 tidak jauh berbeda dari Prototype, bisa dibilang sangat mirip. Para pemain yang juga memainkan Prototype akan beradaptasi dengan sangat cepat. Selain itu storyline dari Prototype 2 tidak terlalu linier. Subquest-subquest yang disediakan mampu menyibukkan pemain cukup lama sehingga seringkali main quest akan tertinggal. Semisal pemain sudah bosan memainkan quest-quest yang ada, ada juga mode free roam, dimana pemain dapat menjelajahi kota Manhattan tanpa ada batasan waktu ataupun rute. Heller pun dapat mengalami evolusi (atau level up) jika sudah mendapatkan experience point yang cukup. Pemain dapat mengalokasikan hasil evolusi Heller ke kecepatan, power, health, atau Mass, kekuatan spesial yang dapat menyerang musuh dengan damage besar. Selain itu, dengan menyelesaikan sidequest, pemain akan mendapatkan mutation point, dimana pemain dapat meningkatkan salah satu skill seperti offensive, defensive, power specialist. Mutation ini akan mempermudah pemain melewati terjangan musuh. Contohnya, James dapat memantulkan peluru yang ditembakan kearahnya, sehingga peluru dapat berbalik ke arah musuh.


Radnet, fitur online pada Prototype 2

Selain dari faktor gameplay, yang membiarkan pemain dapat berkelana kemanapun, Radical Entertaiment juga memberikan fitur Radnet, yaitu fitur online yang memungkinkan para pemain untuk bertanding dengan pemain lain, baik itu bertanding waktu, bertanding kekuatan atau bermain seperti catch the flag. Nanti para pemain dapat mempost namanya di scoreboard pada masing-masing kategori.

Prototype 2 adalah game yang harus dimiliki. Game ini keluar pada platform PS3, X360, dan PC

Oleh : Richard Chayadi

Related Posts :