Senin, 03 Maret 2014

Osu! Special Mode 2: Catch the Beat

Catch the Beat adalah mode spesial Osu! yang kedua, yang bukan merupakan adaptasi dari game manapun. Berlawanan dari Taiko, Catch the Beat (CtB) sering dianggap remeh oleh pemain osu! karena terlihat mudah dan disebut-sebut paling tidak mencerminkan game ritmik dibandingkan mode spesial lainnya. Padahal, CtB tidak semudah yang diperkirakan, dan tidak kalah menarik dibanding Taiko atau Standard mode.


Catch the Beat, mode spesial kedua. Dapat diakses dengan cara play -> special -> pilih gambar catch the beat.

CtB memiliki gameplay yang sangat unik. Jika beat yang ada dalam beatmap dibuat dalam bentuk tombol berangka di Standard mode, don dan kat di Taiko, di CtB, beat tersebut terdapat dalam bentuk buah-buahan yang jatuh tegak lurus dari atas ke bawah. Tugas kita adalah menangkap buah tersebut dengan menggerakkan platter (orang yang memegang nampan) ke kiri dan ke kanan sesuai dengan tempat jatuhnya buah.


Gerakkan platter (orang yang membawa nampan di bagian bawah) ke kiri dan kanan sesuai arah jatuhnya buah.

Selain buah, hal lain yang harus ditangkap adalah droplet (daun-daunan). Droplet ini merupakan konversi dari slider yang ada di beatmap. Makin banyak droplet yang ditangkap, akurasinya juga makin tinggi. Ada satu lagi yang harus ditangkap, yaitu buah spesial, pisang. Pisang merupakan konversi dari spin di beatmap. Jika terjadi hujan pisang, tangkaplah sebanyak mungkin untuk mendapat skor lebih tinggi.


Droplet (yang dilingkari merah). Droplet kecil yang ditangkap berpengaruh pada akurasi, sedangkan droplet besar berpengaruh pada combo, sama seperti buah (dalam gambar, combo-nya adalah 14).

Sistem skoring di CtB juga berbeda, dan murni dihitung dari combo (seperti Standard mode). Makin banyak rangkaian buah yang ditangkap, makin besar combonya, makin tinggi skornya. Oh, ya, jangan lupa untuk menangkap droplet besar (lebih besar dari droplet yang lain), karena itu juga akan mempengaruhi combo.


Jika muncul hujan pisang seperti pada gambar, tangkap pisang sebanyak mungkin. Tidak akan memengaruhi akurasi (dalam gambar, akurasi adalah 99,68%), namun akan memengaruhi skor.

Platter digerakkan menggunakan tiga tombol default, yaitu panah kiri, panah kanan, dan shift (untuk mempercepat bergeraknya platter). Buah yang diselimuti garis merah dapat berfungsi sebagai pengganti shift. Jika mode Standard dan Taiko lebih ke arah ritmik, di CtB memang tak terlalu ritmik, melainkan lebih ke arah refleks menggunakan tiga tombol itu untuk menggerakkan platter.




Buah berselaput merah (lihat lingkaran warna biru pada gambar atas), yang menimbulkan efek dash saat ditangkap (sama seperti saat kita memencet tombol shift jika tidak menangkap buah tersebut) seperti pada gambar di bawahnya. Buah berselaput merah ini juga termasuk dalam combo, yang artinya kita harus menangkapnya.

Menarik bukan? Selamat bermain CtB!

Tulisan mengenai osu! selanjutnya akan membahas mengenai mode spesial terbaru yaitu osu!mania.

Oleh : Jessica Yulianti

Related Posts :