Senin, 03 Maret 2014

Osu! Special Mode 1: Taiko

Special mode pertama dari osu! adalah Taiko. Sekadar info tambahan, Taiko versi osu! ini sudah dapat dimainkan juga di OS Android dengan nama T-aiko.

Taiko merupakan mode osu! yang terinspirasi dari game "Taiko no Tatsujin". Sebagian pemain osu! menganggap mode ini cukup sulit, lebih sulit dibandingkan Standard mode. Namun, jika Anda mencobanya dan mengerti caranya, bukan tidak mungkin Anda akan ketagihan bermain mode Taiko. Rank untuk Taiko ini dibuat terpisah dari Standard mode, dimana pembahasan soal rank ini akan dibahas lebih lanjut di artikel-artikel selanjutnya.


Tombol Taiko yang telah dimodifikasi. Di sini, drum rim sebelah kiri adalah Z, pusat drum kiri panah kiri, pusat drum kanan C, dan drum rim kanan panah kanan. Pusat drum untuk tombol merah dan drum rim untuk tombol biru.

Taiko pada dasarnya terdiri dari 4 tombol, yaitu don yang berwarna merah dan kat yang berwarna biru, masing-masing sebanyak 2 buah. Untuk tiap tombol, digunakan keyboard untuk memencetnya. Pengaturan tombol standar adalah Z untuk bagian pinggir drum/drum rim sebelah kiri , X (pusat drum kiri) , C (pusat drum kanan), dan V (drum rim kanan), namun bisa diubah sesuai keinginan.


Dalam bermain Taiko, tombol merah atau biru yang masuk ke dalam lingkaran di sebelah kiri (yang ditandai panah hijau) harus ditekan sesuai tombol pada kibor. Misalnya, tombol yang masuk adalah tombol merah, jadi kita harus menekan pusat drum.


Tombol besar (ditandai panah hijau). Tekan dua tombol pusat drum sekaligus jika tombol ini muncul.

Cara bermain Taiko sangat simpel. Kita cukup menunggu tombol biru atau merah masuk ke lingkaran yang ada di pojok kiri (lihat gambar), lalu menekannya. Pencet salah satu dari dua tombol (kiri atau kanan) untuk yang kecil, dan untuk tombol besar pencet tombol kiri dan kanan.


Slider (dilingkari merah). Pencet don dan kat bergantian sampai titik-titiknya habis.

Jika muncul slider (seperti pada gambar), pencet don dan kat secara bergantian sesuai dengan titik-titik slider yang ada sampai titik-titiknya habis.


Spin. Jika ini muncul, pencet don dan kat bergantian. Angka yang ada pada spin bervariasi tergantung lama spinnya.

Jika muncul spin (seperti pada gambar), pencet don dan kat secara bergantian secepat mungkin hingga angka pada spin menunjukkan angka 0.


Pada gambar di atas, skornya adalah 300 (lihat di pojok kanan atas) karena bintang di lingkaran berwarna kuning.

Sistem skoring di Taiko lebih sederhana dibanding Standard mode. Cara mengetahuinya adalah melihat warna bintang yang muncul di lingkaran setelah memencet tombol yang masuk. Kuning untuk 300, hijau 100, dan silang merah untuk 0. Makin tepat waktu memencet tombol, skor dan akurasinya makin tinggi.

Mudah bukan? Selamat bermain Taiko!

Pada tulisan mengenai osu! berikutnya, akan dibahas mengenai mode spesial osu! yang kedua, yaitu Catch the Beat.

Oleh : Jessica Yulianti

Related Posts :