Senin, 03 Maret 2014

Osu! Modes: Osu! Standard

Mode osu! pertama yang akan dibahas adalah osu! Standard atau biasa disingkat "STD" atau "osu" saja. Mode inilah yang paling mirip dengan game osu! Ouendan yang ada di DS. Osu dapat diakses dengan cara membuka file game osu yang telah ter-install di komputer, lalu klik "solo". Osu ini permainannya sederhana namun cukup menarik. Pada suatu beatmap, kita harus mengikuti beat dengan cara menggerakkan kursor ke arah beat tersebut lalu mengkliknya saat lingkaran menyentuh permukaan beat. Ketepatan pada saat mengklik itulah yang menjadi poin untuk kita. Semakin tepat, semakin besar poin yang didapat. Ada poin 300! (Perfect), 300, 100, 50, dan 0. Ada beberapa macam beat, yaitu: 1. Click. Kita cukup mengklik sekali di tempat beat ini muncul.


Klik beat saat lingkaran (seperti yang ada di nomor 4) hampir menyentuh beat!

2. Slider. Jika beat ini muncul, kita harus men-drag kursor dari tempat lingkaran muncul ke ujung beat yang satunya.


Contoh seperti pada beat nomor 1. Drag kursor dari ujung yang bertuliskan angka 1 sampai ujung yang satunya (lingkaran biru).

3. Arrow slider. Cara memainkan beat ini mirip slider, namun kita harus men-drag kursor dari ujung beat satu ke ujung beat satunya secara bolak-balik sampai tanda panahnya menghilang.


Geser bola bolak-balik dari ujung satu ke ujung satunya sampai tandanya menghilang.

4. Spin. Jika beat ini muncul, putar kursor secepat mungkin sambil menahan tombol klik. Beat ini agak unik, karena jika sudah muncul tanda "clear", kita masih bisa melakukan putaran pada kursor dan akan mendapatkan bonus score. Selain itu, kecepatan putaran kita juga bisa dihitung.


Putar kursor (searah/berlawanan arah jarum jam terserah Anda) sambil menahan tombol klik saat memutar. Spin kita bisa diukur dengan melihat spins per minute (pada gambar, spins per minute-nya adalah 349).
Ada beragam cara untuk bermain osu. Berikut adalah cara yang lazim digunakan:
1. Mouse only: memakai mouse untuk menggerakkan kursor dan juga mengklik beat.
2. Mouse+keyboard: memakai mouse untuk menggerakkan kursor dan keyboard untuk mengklik beat. Tombol standar adalah Z dan X, yang bisa diganti sendiri (akan dijelaskan kemudian).
3. Tablet only: memakai pen tablet untuk menggerakkan kursor dan juga mengklik beat.
4. Tablet+keyboard: memakai pen tablet untuk menggerakkan kursor dan keyboard untuk mengklik beat.


Bermain osu dengan menggunakan tablet untuk menggerakkan kursor dan keyboard sebagai pengganti klik. (gambar dari Google)

5. Layar sentuh: untuk monitor berlayar sentuh, dapat juga menggerakkan kursor dan mengklik beat dengan jari tangan. Cara ini lazim dipakai di osu! Stream dan osu! Droid, tapi tak menutup kemungkinan dilakukan di PC berlayar sentuh.


Osu! Droid, osu! untuk telepon seluler dengan OS Android. Tampilan tak jauh beda dengan osu! PC, dengan menggunakan layar sentuh.

Pada tulisyang pertama, yaitu Taiko.an mengenai osu! berikutnya, akan dibahas mengenai mode spesial osu!

Oleh : Jessica Yulianti

Related Posts :