Senin, 03 Maret 2014

Menginstal Osu! dan Memasukkan Beatmap

Di tulisan sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengenalan Osu!, salah satu rhythmical game yang cukup menarik untuk dimainkan. Nah, seperti yang telah disebutkan di akhir tulisan sebelumnya, kali ini kita akan membahas cara menginstal Osu! serta memasukkan beatmap ke dalamnya.

Hal yang pertama kali Anda butuhkan adalah mengunduh file aplikasi Osu! dari situs resminya, yaitu http://osu.ppy.sh.


Tampilan osu.ppy.sh dengan menggunakan browser Google Chrome. Perhatikan bagian yang dilingkari merah.

Setelah mengunjungi situsnya di browser, silakan arahkan kursor pada tulisan "Download".


Tulisan “Download” ada sejajar dengan logo Osu!. Perhatikan bagian yang dilingkari merah.

Kemudian muncul jendela baru seperti gambar di bawah.


3 step untuk mengunduh Osu!. Klik pada kotak yang berwarna biru, bertuliskan “Download osu! NOW!”

File osu! Install.exe akan diunduh ke komputer Anda. Klik aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkahnya seperti meng-instal program lain pada umumnya.

Sekarang, game osu! Anda sudah terinstal.

Untuk memasukkan beatmap ke osu!, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

Download beatmap yang akan kita masukkan dengan cara mengunjungi situs resmi osu! (http://osu.ppy.sh),

Kemudian arahkan kursor ke Beatmaps.



Arahkan kursor ke Beatmaps (bagian yang dilingkari merah). Pilihan Ranked untuk beatmap-beatmap yang kalau dimainkan nantinya akan masuk Ranked Score di profil kita (akan dijelaskan kemudian) dan ada ranking , Approved untuk yang nantinya tidak masuk Ranked Score namun tetap ada ranking, Pending untuk beatmap yang sedang diproses (masuk Ranked/Approved Map), dan Beatmap Packs jika ingin mengunduh beberapa beatmap sekaligus dalam satu file.

Setelah itu, pilih Beatmaps yang diinginkan. Anda dapat mencari beatmap satu-persatu, atau bila secara spesifik dapat memakai kolom Search. Sebagai contoh, penulis akan mengunduh beatmap "Gangnam Style" yang sudah di-Ranked.



Kita dapat memilih sejumlah opsi di fitur Search, misalnya, menampilkan Beatmap Ranked/Approved/Pending/Favourites (yang paling banyak disukai)/Graveyard (beatmap yang sudah lama dan “pensiun”)/Mod Requests (sedang dalam permintaan untuk di-modding). Genrenya juga bisa dipilih, seperti Pop, Rock, dan sebagainya. Untuk bahasa, ada beragam bahasa, seperti Japanese, Korean, English, dan sebagainya. Ada bintang (untuk semua mode)/lingkaran (untuk Taiko –akan dijelaskan kemudian-)/buah (untuk CTB –akan dijelaskan kemudian-) bergambar E (easy), N (normal), H (hard), dan I (insane) untuk tingkat kesulitannya.

Tanda hati berarti jumlah pemain yang memfavoritkan beatmap ini. Anda juga bisa memfavoritkan beatmap dengan cara klik beatmap yang dimaksud kemudian klik "Add to Favorites".
Tanda orang berarti total beatmap ini berapa kali telah dimainkan.
Tanda hijau dan merah berarti apakah pemain berpendapat beatmap itu bagus atau jelek.

Kemudian, setelah selesai mengunduh (format filenya adalah *.osz), Anda dapat membuka program osu! yang telah terinstal di komputer Anda.



Setelah itu, click-and-drag beatmap yang baru saja Anda unduh ke program osu! tersebut.
Beatmap sudah bisa dimainkan! Selamat bermain!

Pada tulisan mengenai Osu! berikutnya akan dibahas mengenai cara bermain osu! Standard Mode.

Oleh : Jessica Yulianti

Related Posts :