Senin, 03 Maret 2014

Mengenal Osu!


Tampilan program osu! untuk PC saat pertama kali dibuka

Apakah itu Osu! ? Osu! adalah sebuah permainan genre online rhythmical game dengan penciptanya peppy dari Australia, yang bisa dimainkan di konsol Personal Computer (PC), baik Windows OS, OS X, maupun Linux OS. Osu! merupakan adaptasi dari game yang gameplay-nya hampir serupa untuk konsol Nintendo DS, yakni Osu! Tatakae Ouendan. Ke depannya, osu! sebenarnya juga diadaptasi untuk iOS (osu! Stream) dan Android (osu! Droid), namun pada kesempatan kali ini penulis hanya akan membahas osu! untuk PC.

Hal menarik dari osu! adalah gameplaynya yang unik dan membuatnya berbeda dari game rhythmical lainnya. Pada osu!, kita harus menggunakan mouse untuk menggeserkan kursor ke arah beat dan mengklik beat tersebut sesuai irama yang ada pada lagu. Namun, selain dengan klik, kita juga bisa menggunakan tombol pada keyboard (standarnya adalah Z dan X, namun kita bisa memodifikasinya sendiri) sebagai pengganti klik.


Beginilah kira-kira tampilan osu! saat memainkan beatmap.

Lagu-lagu yang dimainkan di osu! disebut beatmap. Hal plus lainnya yang membuat osu! semakin menarik adalah beatmap ini. Beatmap, yang dapat kita unduh secara gratis di situs resmi osu!, dapat dibuat sendiri. Jadi, apabila lagu favorit Anda tidak terdapat beatmap-nya di osu! dan Anda ingin memainkan beatmap-nya, Anda cukup membuatnya sendiri dan mengunggahnya di situs resmi osu!. Beatmap ini mempunyai berbagai macam tingkat kesulitan yang ditandai dengan jumlah bintang. Semakin banyak jumlah bintangnya, semakin sulit beatmap yang dimainkan. Bintang terendah adalah bintang 0.5 dan bintang tertinggi adalah bintang 5. Satu beatmap bisa terdiri lebih dari satu tingkat kesulitan. Saat ini, beatmap yang terdapat di osu! memang sebagian besar terdiri atas lagu Jepang, yaitu kebanyakan lagu-lagu dari anime/animasi Jepang yang sedang populer maupun lagu yang dibuat dengan menggunakan software voice synthesizer Vocaloid. Namun, untuk yang tidak begitu menyukai lagu Jepang, osu! menyediakan berbagai lagu non-Jepang yang tak kalah menarik. Lagu berbahasa Inggris yang sedang atau pernah populer di radio-radio; lagu dari artis Korea dari boyband dan girlband yang sedang tenar (sampai lagu Gangnam Style yang sedang fenomenal itu pun dapat dimainkan di osu!); lagu instrumental dari video game; dan lain-lain.

Minat bermain osu! ? Adapun spesifikasi yang dibutuhkan dari PC Anda untuk bermain osu! adalah sebagai berikut:
  • 1 GHz+ Processor
  • 512 MB+ RAM
  • Microsoft .NET Framework (2.0+, 32bit)

Pada artikel berikutnya tentang osu!, penulis akan membahas bagaimana cara mendaftar, meng-install osu di komputer Anda, serta memasukkan beatmap ke osu! Anda sehingga Anda dapat bermain osu!.

Oleh : Jessica Yulianti

Related Posts :