Sabtu, 01 Maret 2014

Dragonica Online Part.2 ( Setting Dragonica untuk stick PS3 )

Dulu memang dragonica harus menggunakan software tambahan kalau kamu ingin bermain menggunakan gamepad, tapi sekarang sudah tidak perlu menggunakan software apapun lagi. Tinggal colok gamepadnya sebelum main, nanti kalau sudah masuk ke game tekan esc, pilih key setting, nanti klik saja tab d-pad, sudah itu tinggal setting saja tombol-tombol di gamepad agan.

Kecuali kalau kamu ingin menggunakan stick ps3 ngga bisa langsung colok, karena stick ps3 ngga langsung ke detect sama pc, jadi harus install software tambahan agak berfungsi.

Berikut akan saya kasih guidenya buat yang mau pake stick ps3. Sebelum dicoba ada baiknya back up computer kamu dulu, takutnya ada hal yang tidak diinginkan terjadi, saya sudah coba pakai ini stick ps3 jadi bisa di pakai juga di pc

  1. Pertama-tama kamu download dulu deh softwarenya disini http://www.motioninjoy.com/download
  2. Setelah mengunduh install softwarenya.
  3. Bagi pemakai os 32 bit langsung lanjut kelangkah 4, bagi pemakai os 64bit lakukan langkah berikut: Restart computer anda, tekan f8 ketika startup, lalu pilih disable driver signature enforcement.
  4. Colokan stik ps3 anda ke computer via usb. Biasanya lampu di stik ps3 akan menyala, jika belum menyala reset stik ps3 anda, caranya colok saja tombol yang ada di bagian stik ps3 anda.
  5. Klik star>all program>motionjoy, pilih install motioninjoy driver, kalau pakai vista/7 run as administrator. Begitu selesai akan muncul log, jika baris terakhirnya “success: Installed package c:\program files\motioninjoy\ds3\drivers\mijufilt.inf.”, berarti drivernya sudah terisntal dengan baik. Restart pc anda. *bagi pengguna os 64 bit jangan lupa disable driver signature enfoercement.
  6. Jalankan ds3 tool, ada 4 profile yang dapat anda pilih.
    • digital gamepad(dpad,without joystick) pada settingan ini analog tidak bekerja, d-pad dan tombol lainnya bekerja.
    • analog gamepad1(pov,joysticks pada setingan ini dpad di set sebagai pov , dua analog lainnya bekerja sebagai axis x,y,z. Settingan ini seperti stik ps2 ketika analaog dinyalakan.
    • analog gamepad2(pov,joysticks,analog triggers) pada setingan ini dpad di set sebagai pov, dua analog lainnya di set sebagai x,y, z and rz axes, l2 dan r2 juga sebagai axis. Settingan ini mirip stik xbox 360.
    • analog gamepad3(pov,joysticks,analog triggers,motion sensor) klo settingan ini biar motion sensornya bekerja.
  7. Stik ps3 sudah bisa anda jalankan. Jika mau memakainya via bluetooth harus di setting lagi, tapi saya sendiri belom coba setting pake bluetooth. Komputer saya belum ada bluetoothnya.


Untuk mengecek sudah jalan atau tidaknya, buka control panel, pilih game controller, nanti akan ada motionjoy usb gamepad, tinggal kamu gerak-gerakin nanti akan jalan,
untuk main dragonica mending pilih profile UH analog gamepad1, atau digital gamepad, karena kalau pakai analog gamepad2, l2 ma r2nya jadi ga berfungsi.

Oleh : Muhammad jundi robbani

Related Posts :