Minggu, 02 Maret 2014

All About Harvest Moon (PC) Part.24

Selengkapnya Tentang Stamina dan Fatigue

Stamina menentukan seberapa kuat kita dalam bekerja, sementara Fatigue meningkat jika karakter kita berada di cuaca buruk. Stamina akan berkurang setiap kali kita menggunakan Tools. Setiap kali mengayun mengurangi stamina sebanyak 1 point. Jika tools sudah diupgrade, maka konsumsi stamina (jika di charge) akan meningkat. Total stamina yang digunakan ada 5 pintas jika di charge sampai penuh. Tools yang dimaksud adalah beberapa tools yang ada di bawah ini yang sering kita gunakan ketika bertani, yaitu:

Axe (Kapak)
Sickle (Sabit)
Hammer (Palu)
Hoe (Cangkul)
Watering Can (Penyiram)
Fishing Tool (Rod/Pole)
Clipper, Milker, Brush, serta Animal Medicines tidak berefek apa apa terhadap stamina kita.

Stamina awal adalah 100 dan dapat ditingkatkan sebanyak 10 point (permanent) dengan mengkonsumsi Power Berry, 200 point total jika sudah memakan seluruh Power Berry. Power Berry sendiri bisa di dapatkan dengan mengikuti beberapa langkah yang telah ditulis di beberapa tulisan sebelum ini. Setiap kali karakter kita memakan Power Berry, maka stamina yang sudah hilang akan dikembalikan secara penuh.

Total point stamina sudah termasuk dengan fatigue level, jadi harus diperhatikan. Jika stamina sudah dipakai habis, karakter kita masih dapat melakukan aktivitas, tapi dengan konsekuensi bertambahnya fatigue level setiap menggunakan tools.

Fatigue menunjukkan seberapa besar kita akan bertahan dari penyakit. Normalnya, fatigue level akan bertambah jika stamina sudah mencapai critical level (hampir habis), tapi fatigue juga dapat bertambah jika melakukan hal di bawah ini:

Melakukan aktivitas saat hujan
Melakukan aktivitas di tengah salju (Winter only)
Melakukan aktivitas di malam hari
Memakan jamur dan tanaman beracun
Ciri2 Stamina dan Fatigue level:
Melap kepala = Stamina tersisa 50%
Kelelahan = Stamina tersisa 30%
Duduk kelelahan = Stamina tersisa 10%
Terjatuh = Stamina habis
Pusing = Fatigue mencapai angka 50
Mulai kehilangan kesadaran = Fatigue mencapai angka 80
Pingsan = Fatigue mencapai angka 100

Banyaknya fatigue yang didapat selama cuaca buruk dapat dikurangi dengan mengkonsumsi Mystic Berry. Mystic Berry diberikan oleh Kappa jika kita memberinya 3 Cucumber sebelum tengah hari (kecuali Winter). Mystic Berry berguna untuk pekerjaan sehari2 karena mengurangi fatigue yang didapat sebanyak 50%. Stamina dan fatigue dapat dipulihkan dengan berendam di Hot Spring. Semakin lama berendam, semakin bagus pula pemulihan karakter kita. Tidur yang cukup juga mengembalikan sejumlah stamina dan mengurangi fatigue.

Vas bunga yang dibeli dari Won dapat diisi dengan Bunga yang berefek lebih baik dalam pemulihan stamina dan fatigue (relaksasi). Semakin lama waktu yang digunakan untuk tidur, semakin baik pemulihan karakter kita. Selain dengan beristirahat yang cukup, makanan juga tidak bisa diremehkan.

Oleh : Muhammad Jundi Robbani

Related Posts :