Minggu, 02 Maret 2014

All About Harvest Moon (PC) Part.2

Saran-Saran Memulai Kehidupan Awal di Harvest Moon

Cara paling pas untuk memulai game ini adalah mengerjakan semua hal seperti memancing, menambang, member hadiah ulang tahun kepada tetangga, dll. di tahun pertama (jika ingin cepat menikah). Selain itu sosialisasi kepada warga tidak perlu terlalu intensif, kecuali dengan perempuan yang ditargetkan untuk dinikahi, itu sangat diperlukan. Jadi sejak awal harus sudah punya target calon istri, supaya fokus saat pendekatan.

Soal bertani:

Saat spring

Untuk modal awal cukup membeli Turnip aja, Profitnya 84 G (per 9 petak), grow dalam waktu 5 hari, tapi tidak bisa re-grow. Kalau sudah ada modal lagi, kamu beli Cabbage, profitnya 117 G, grow dalam waktu 15 hari, tidak bisa re-grow juga. Kalau kamu mengincar amount shipped, tanam juga Potato dan Cucumber* terus kamu jual sebanyak 100 buah masing-masing Spring's seeds biar nanti bisa beli Strawberry

*) Lempar 3x Cucumber di Mother Hill's Lake, nanti Kappa akan muncul dan member kamu Mystic Berry

Selanjutnya jual hasil gunung seperti Bamboo Shoot & Blue Grass, lumayan untuk menambah profit harian.

Bamboo Shoots: 50 x 3 = 150 G

Blue Grass: 100 x 2 = 200 G

Saat summer

Best profit di musim ini adalah Pineapple yang bisa kamu jual seharga 250 G, tumbuhnya sangat lama , yaitu 21 hari tapi sebanding dengan harganya yang juga mahal. Kalau kamu kurang modal, bisa coba tanam Corn. Profitnya cukup besar, yaitu 150 G, tumbuhnya sekitar 15 hari. Kamu bisa menjual 100x semua Summer's seed untuk unlock pumpkin. Seperti musim-musim lain, hasil gunung juga harus dipungut untuk profit tambahan.

Saat fall

Dalam Harvest Moon bisa dibilang ini musim ternikmat untuk mencari uang. Karena hampir semua hasil alam di musim ini harganya mahal dan ada kemungkinan mendapatkan salah satu item terlangka di BTN (Truffle). Best profit adalah Sweet Potato*, profitnya mencapai 282 G dan bisa dipanen dalam waktu 6 hari (3 hari re-grow)

*) Sweet Potato adalah best profit kalau ditanam di luar hot house.

Kamu bisa menjual 100x masing-masing Fall's seed buat unlock spinach. Hasil alam dalam musim ini sangat mahal! Satu buah truffle bisa dijual seharga 500 G (single item termahal di BTN), dari truffle saja, kita bisa dapat 15,000 G dalam semusim. Tapi truffle itu langka dan cuma bisa dipanen 1 buah per hari, jadi lebih baik simpan sebagian di freezer (kecuali kamu kekurangan duit).

Sekedar info, karena sangat menyukai truffle loh, kamu bisa menghadiahi dia sebagai langkah pendekatan, jika kamu berniat menikahinya.

Saat winter

Mining, mining and mining ALL THE TIME! Ini adalah tantangan di Harvest Moon, karena winter merupakan musim yang memungkinkan kita jatuh miskin jika menghadapinya tanpa persiapan. Earning source hanya dari Winter Mine, Hewan ternak dan Hot House (jika punya). Winter Mine adalah sumber penghasilan terbaik jika belum punya hot house. Ambil sebanyak mungkin ore, admantite dan orichalcum, item tersebut bisa dijual dengan harga yang lumayan.

Mining sendiri sebetulnya sebuah opsional di setiap musim, jika kamu ingin ngebut mendapatkan uang, disarankan melakukannya di tiap musim. Mungkin melelahkan, tapi akan terasa hasilnya di akhir.

Oleh : Muhammad Jundi Robbani

Related Posts :